ANALISIS PENGARUH DIMENSI SIKAP KONSUMEN DALAM MELIHAT KEGIATAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) TERHADAP CITRA PT UNILEVER INDONESIA, Tbk. (Studi Pada Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana)

PRAYETNO, SAPTOHADI (2008) ANALISIS PENGARUH DIMENSI SIKAP KONSUMEN DALAM MELIHAT KEGIATAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) TERHADAP CITRA PT UNILEVER INDONESIA, Tbk. (Studi Pada Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

The objective of this study is to examine the consumer’s attitude effect when they look the Corporate Social Responsibility (CSR) activity to the corporate image. The attitude measuring approach by The Tricomponent Attitude Model. That is belief, motivation, and fit as the cognitive dimensions, emotion as the affective dimension, and behavior as the conative dimension. Focus of the research is to understanding relationship between CSR activity and the corporate image as an impression, felling or conception, which the consumers has of a company, a consciously created impression of an object. This study takes respondent’s sample from 90 students of the magisterial management program as the consumers, by reason that comprehension of the CSR is a new concept on business sector that still confer opinion pro and contra in business application in Indonesia. Then we may understand the CSR concept from the student’s perspective as a middle class who can change of shopping habit on the Indonesian civil society. Result of the study shows that (1) the highest evaluation is CSR activities may compose strong impressions of the company by consumer’s perspective, (2) the lowest evaluations that corporate products who has been conducted CSR activities is always accept positive reaction by the consumers. From the regression analysis result show that, there is significant effect of the consumer’s attitude who consist from variable dimensions; consumer belief, motivation, fit, consumer emotion, and consumer behavior toward the CSR activity as partial and also simultaneous to the corporate images. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh sikap konsumen dalam melihat Kegiatan Tanggung Jawab Sosial (CSR) terhadap citra perusahaan. Pendekatan pengukuran model sikap melalui Tiga Komponen Model Sikap (The Tricomponent Attitude Model) yaitu kepercayaan, motivasi, kesesuaian manfaat sebagai dimensi kognitif, emosi sebagai dimensi affektif, dan niat prilaku sebagai dimensi konatif. Riset ini menekankan pada pemahaman hubungan antara kegiatan CSR dan citra perusahaan sebagai sebuah kesan, perasaan atau konsepsi yang ada dalam diri masyarakat mengenai perusahaan terhadap sesuatu objek. Penelitian ini mengambil sampel responden dari 90 mahasiswa program pasca sarjana sebagai konsumen, dengan alasan bahwa pemahaman tentang CSR merupakan konsep baru dalam dunia bisnis yang masih menimbulkan pendapat pro dan kontra dalam penerapan di dunia bisnis Indonesia. Maka kita dapat memahami konsep CSR dari sudut pandang mahasiswa sebagai kelompok menengah yang dapat mengerakkan proses perubahan prilaku dalam berbelanja pada masyarakat sipil Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Penilaian tertinggi adalah kegiatan CSR dapat membentuk kesan kuat terhadap perusahaan dari sudut konsumen. (2) Penilaian terendah adalah produk perusahaan yang melakukan kegiatan CSR adalah selalu menerima tanggapan positif dari konsumen. Hasil analisa regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan sikap konsumen yang terdiri dari dimensi variabel; kepercayaan konsumen, motivasi, kesesuaian manfaat, perasaan konsumen dan niat prilaku konsumen terhadap kegiatan CSR baik secara parsial maupun simultan terhadap citra perusahaan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-057
NIM/NIDN Creators: 55106110118
Uncontrolled Keywords: peerilaku konsumen, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 24 May 2022 07:54
Last Modified: 15 Jul 2022 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61748

Actions (login required)

View Item View Item