RAHMAT, PUJI (2008) ANALISIS FAKTOR PREFERENSI NASABAH DALAM MENGGUNAKAN CASH DEPOSIT MACHINE. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN KARYA AKHIR.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
Daftar Lampiran.pdf Download (8kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
||
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
Abstract
This study resulted from the research of BCA’s Customer in their preference to use of Cash Deposit Machine (CDM). This research are triggered by the fact that the customer’s queue in BCA’ teller/counter have been increasing, while the Cash Deposit Machine available to serve this transaction until Rp. 5 million deposit. Preference factors in this study are classified to 4 variable, they are : Function Benefit (utilitarian), Defensive Ego, Statement of Value and Knowledge. By considering these factors, marketing communications strategy and policy that conducted by Management of BCA in order to optimize the use of Cash Deposit Machine should be more effective and efficient. Object in this study are BCA’s Customer which’s still queue in counter/teller and the customer utilizing Cash Deposit Machine. The study measure their preference using CDM. We use Accidental ( Convenience) Sampling Method to finalize this analysis. Respondent of this study are 305 sampel, standard-error tolerance is less than 10% with the assumption that total saving customers of BCA (data population) more than 1 million accounts. According to this study, simultanously Benefit Factor (Utilitarian), Defence of Ego, and Statement of Value have influenced significantly to preference of BCA’s Customer in using Cash Deposit Machine, while Knowledge factor doesn’t influence significantly. In scheme of message to client of BCA, these factors should be considered seriously. In Jakarta area, Statement of Value that show the modern society whose using Cash Deposit Machine can be signalized in marketing promotion mix because this factor has more significant influence than the third other factor. Karya Akhir ini merupakan hasil penelitian terhadap preferensi nasabah BCA untuk menggunakan Mesin Setoran Tunai (Cash Deposit Machine/CDM). Latar Belakang penelitian ini adalah melihat kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa tingkat antrian untuk transaksi setoran tunai di counter/teller masih cukup tinggi, sedangkan Mesin Setoran Tunai (Cash Deposit Machine/CDM) dapat melayani transaksi setoran tunai ini hingga Rp. 5 juta. Faktor preferensi dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi 4 variabel yakni : Fungsi Manfaat (utilitarian), Pembelaan Ego, Pernyataan Nilai dan Pengetahuan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, diharapkan kebijakan dan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Manajemen BCA dalam rangka optimalisasi penggunaan Mesin Setoran Tunai (Cash Deposit Machine/CDM) dapat lebih efektif dan efisien. Objek penelitian adalah nasabah BCA yang masih melakukan antrian di counter/teller, selain itu juga dilakukan sampel kepada nasabah yang telah menggunakan Mesin Setoran Tunai (Cash Deposit Machine/CDM), untuk mengukur sejauh mana tingkat preferensinya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental (Convinience) Sampling, yakni teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yakni siapa saja yang secara kebetulan ditemui dan merupakan nasabah BCA dapat dipandang sebagai responden yang cocok untuk penelitian ini. Dengan jumlah responden sebanyak 305 sampel, maka tingkat kesalahan yang ditoleransi adalah kurang dari 10% dengan asumsi jumlah nasabah BCA (populasi data) lebih dari 1 juta rekening nasabah. Berdasarkan hasil penelitian ini, secara simultan faktor Fungsi Manfaat (utilitarian), Pembelaan Ego, dan Pernyataan Nilai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap preferensi nasabah BCA dalam menggunakan mesin setoran tunai (Cash Deposit Machine/CDM), sedangkan faktor Pengetahuan tidak mempengaruhi secara signifikan. Dalam melakukan perancangan pesan kepada nasabah BCA, faktor-faktor tersebut diatas harus mendapat perhatian yang serius. Berdasarkan penelitian di wilayah Jakarta ini, khususnya faktor Pernyataan Nilai yang mengandung unsur nilai-nilai masyarakat modern yang menghargai waktu dengan tidak mengantri lama di Counter/Teller dan juga nilai prestige dalam penggunaan Mesin Setoran Tunai (Cash Deposit Machine/CDM) dapat ditonjolkan dalam iklan di media massa karena mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan ketiga faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-08-074 |
NIM/NIDN Creators: | 55106110035 |
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi, MPS, Manajemen Pemasaran |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | ORYZA LUVITA |
Date Deposited: | 23 May 2022 03:16 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61493 |
Actions (login required)
View Item |