HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN RESILIENSI MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI UNIVERSITAS X JAKARTA BARAT

RISTRA, ENKA (2020) HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN RESILIENSI MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI UNIVERSITAS X JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

The final project has a very important role for the graduation of students in tertiary institutions, it does not need students to face various challenges and difficulties when completing the final project. The final project is one academic answer that can be agreed upon as an academic stressor. Academic stress becomes a proven problem from various studies and surveys conducted on students who are doing their final assignments about their academic stress, discovering the phenomenon of students who want to complete their final project and also lead to students who choose life. Academic stress faced by students can be completed the final project can be faced if students are able to complete. Adapt that is replaced is resilience. This study uses quantitative methods with sampling techniques in this study using nonprobablity sampling techniques with convenience sampling method. The research sample of 87 respondents ranging from age 20 years to> 40 years, consisting of 33 men and 54 women. This study used two items of Student-Life Gadzella Stress Inventory with 24 items with (α) = 0.893 and a reivich and shatte resilience scale of 29 items with (α) = 0.856. All the Data are obtained using Spearman’s Rho corellation design that produces correlation score (r) -0.332 and a significance value of 0.002 (p <0.01). It can be concluded from the negative correlation and the level of moderate correlation academic stress and resilience in students who are completing their final project at University X in West Jakarta. This means that the higher the academic stress, the lower the students who are completing the final project and conversely the lower the academic stress, the higher the resilience of students who are completing the final project. Keywords: academic stress, resilience, final project. Tugas akhir memiliki peranan yang sangat penting bagi kelulusan mahasiswa dalam perguruan tinggi, tidak jarang mahasiswa akan menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan saat menyelesaikan tugas akhir. Tugas akhir merupakan salah satu tuntutan akademik sehingga dapat dikatakan sebagai stressor akademik. Stres akademik menjadi sebuah permasalahan yang serius yang terbukti dari berbagai penelitian dan survey yang dilakukan pada mahasiswa yang sedang menjalankan tugas akhir mengenai kesejahteraan dan stres akademik mereka, sehingga ditemukan fenomena mahasiswa menunda menyelesaikan tugas akhir nya dan bahkan berujung pada mahasiswa memilih mengakhiri hidup. Stres akademik yang di hadapi mahasiswa ketika sedang menyelesaikan tugas akhir dapat di hadapi jika mahasiswa mampu beradaptasi. Beradaptasi yang dimaksud adalah resiliensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobablity sampling dengan metode convenience sampling. Sampel penelitian sebanyak 87 responden mulai dari usia 20 tahun sampai dengan > 40 tahun, terdiri dari 33laki-laki dan 54 perempuan. Penelitian ini menggunakan dua instrumen Gadzella’s Student-Life Stress Inventory sebanyak 24 item dengan (α) = 0,893 dan skala resiliensi reivich dan shatte sebanyak 29 item dengan (α) = 0,856 . Data yang diperoleh menggunakan desain korelasi Spearman’s Rho diperoleh koefisien korelasi (r) -0,324 dan nilai signifikansi 0,002 (p <0,01). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif dan tingkat hubungan sedang antara stres akademik dan resiliensi pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir di universitas X Jakarta Barat. Ini berarti bahwa semakin tinggi stres akademik, semakin rendah resiliensi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan sebaliknya jika semakin rendah stres akademik, semakin tinggi resiliensi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Kata kunci : stres akademik, resiliensi, tugas akhir.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 20 031
NIM/NIDN Creators: 46114120064
Uncontrolled Keywords: stres akademik, resiliensi, tugas akhir.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.9042 Stress/Stres, Tekanan Jiwa
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.7 Industrial Psychology/Psikologi Industri, Psikologi Perindustrian > 158.72 Job Stress/Stres Kerja
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 May 2022 03:36
Last Modified: 18 May 2022 03:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61240

Actions (login required)

View Item View Item