PRATAMA, SUHARI (2019) DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MENUNJANG ANALISA DIVISI MARKETING (STUDI KASUS : PT. XYZ MULTIFINANCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Judul.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
Abstract
Divisi Marketing pada PT. XYZ Multifinance membuat laporan berkala dengan cara mengunduh beberapa laporan rinci dari sistem berjalan, kemudian diolah atau dikombinasikan untuk menghasilkan ringkasan laporan sebagai bahan analisa. Namun demikian laporan yang ada saat ini belum menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan forecasting yang ditujukan untuk memprediksi dari dimensi struktur pembiayaan, jenis aset yang dibiayai dan profil debitur. Penelitian ini bertujuan untuk merancang data warehouse sebagai solusi untuk pembuatan laporan forecasting dari beberapa klasifikasi dimensi data sebagai bahan analisa pada Divisi Marketing. Penelitian ini akan menghasilkan data warehouse yang akan digunakan untuk pembuatan laporan forecasting dari beberapa dimensi yang bisa dipilih untuk di komparasi secara fleksibel untuk diukur dengan algoritma Naive Bayes sehingga diperoleh prediksi data yang akurat sebagai referensi untuk Divisi Marketing dalam menentukan kriteria produk yang akan dijual ke depan berdasarkan histori data penjualan dari suatu periode. Dengan pemanfaatan data warehouse, penyajian data akan lebih cepat dan ringkas karena informasi dari beberapa sumber data sudah dikonversi secara otomatis oleh sistem berbasis OLTP (OnLine Transaction Processing) untuk menghasilkan data OLAP (OnLine Analytical Processing). Dengan pemanfaatan OLAP, data dalam jumlah besar bisa dianalisa dengan proses yang cepat dan akurat. Kata Kunci: Laporan, data warehouse, OLTP, OLAP, Naïve Bayes
Actions (login required)
View Item |