SETYADI, RUDY (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI KATALOG PERUMAHAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE FAST (STUDI KASUS: PT. ADIDAYA MEDIATAMA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (23MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
15. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
Abstract
Berkembangnya bisnis properti yang pesat sesuai dengan meningkatnya permintaan akan kebutuhan rumah. Media promosi yang digunakan dalam pemasaran perumahan berupa katalog yang menampilkan gambaran rumah secara 2D dari satu sisi tampilan rumah membuat calon konsumen tidak bisa membayangkan desain seluruh bagian rumah. Penerapan teknologi seperti Augmented Reality bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang interaktif sehingga bisa digunakan untuk menampilkan rumah secara 3D agar tampak lebih nyata dari segala sisi sehingga calon konsumen bisa melakukan pertimbangan akan jenis rumah yang akan dipilih. Pengembangan dilakukan dengan metodologi pengembangan Multimedia Development Life Cycle. Pengembangan aplikasi akan diuji dengan algoritma FAST (Features from Accelerated Segment Test) sebagai pendeteksian marker katalog rumah untuk mendefinisikan seberapa baik gambar dapat dideteksi dan dilacak. Algoritma FAST akan menghitung setiap piksel pada target gambar dalam menentukan sudut saat memindai katalog rumah kemudian akan menghasilkan objek 3D rumah untuk melihat bentuk nyata desain dan denah rumah. Berbeda dengan aplikasi penelitian sebelumnya, aplikasi juga akan ditambahkan dengan fitur home tour untuk melihat interior isi rumah sebagai pengganti pengalaman nyata mengunjungi lokasi rumah aslinya. Setelah aplikasi bisa digunakan, sales marketing dapat memberikan visualisasi tampilan asli 3D secara detail dan nyata rumah yang ditawarkan. Kata kunci: Algoritma FAST, Augmented Reality, Properti, Unity, Vuforia
Actions (login required)
View Item |