MASRUR, DIMAS DIYAR (2019) BOARDGAME “JALAN-JALAN NUSANTARA” BERTEMA TARIAN TRADISIONAL INDONESIA UNTUK ANAK USIA 10 SAMPAI 13 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
||
Text (BAB VI)
15. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pengetahuan tentang kebudayaan sangat penting untuk identitas bangsa. Namun, generasi muda terutama anak-anak cenderung lebih tertarik bermain baik permainan konvensional maupun game digital seperti game online, internet, dan produk teknologi lain. Hal inilah yang menjadi salah satu hal yang bisa memicu suatu kebudayaan dilupakan yang pada akhirnya kebudayaan tersebut akan hilang karena tidak ada lagi generasi yang mengenal,meneruskan, dan melestarikan. Dari masalah tersebut, permainan dengan tema budaya dirasa bisa menjadi sebuah solusi untuk bisa mengenalkan unsur kebudayaan seperti tarian tradisional pada anak-anak. Dimana salah satu bentuk permainan tersebut adalah boardgame. Dimana dalam boardgame memiliki keunggulan dari sisi interaksi, melatih berpikir kritis dan konten budaya seperti tarian bisa dimasukkan kedalam permainan sebagai tema dan menjadi sisi edukasi permainannya. Hasil dari produk boardgame “Jalan-Jalan Nusantara” menunjukkan bahwa sebuah permainan yang fun dan dibuat menarik bisa digunakan sebagai media pengenalan budaya yang cukup baik terutama bagi generasi muda Indonesia. Kata Kunci: Boardgame, Budaya, Indonesia, Tarian, Permainan, Anak-anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FDSK/DP. 19 161 |
NIM/NIDN Creators: | 41914120070 |
Uncontrolled Keywords: | Boardgame, Budaya, Indonesia, Tarian, Permainan, Anak-anak. |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 792 Stage Presentation, Theater/Seni Pertunjukan Panggung, Teater 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 792 Stage Presentation, Theater/Seni Pertunjukan Panggung, Teater > 792.6 Musical Plays/Permainan Musik |
Divisions: | Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 24 Apr 2022 07:39 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60455 |
Actions (login required)
View Item |