IKLAN TESTIMONIAL DI TELEVISI (Study Interpretif Pemaknaan Khalayak Pada Iklan Testimonial Top1 di Televisi di Wilayah Jakarta Timur)

HERNA, HERNA (2008) IKLAN TESTIMONIAL DI TELEVISI (Study Interpretif Pemaknaan Khalayak Pada Iklan Testimonial Top1 di Televisi di Wilayah Jakarta Timur). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

The research is focused to see how public make interpretation of testimony advertisement appearance. By approaching qualitative the research tried to find out the factors, which are involved by public in process of making decision to use the advertisement product. The public theory, such as meaning transfer theory, and communicative advertising theory, especially understanding of the advertisement becoming the basic point in arranging the essay frame, and answering the problem in this thesis. The result of the researching indicated that the testimony advertisement could increase the trust of top 1 product. Many figures testimony make public doubt. The credible figure is needed for testimony advertisement that influenced people to use and loyal to the advertisement product. Tracking study to society is needed to select the credible figure for testimony advertisement. Psychology factor, individual concept, individual back round, and the environment can’t be a parted from the interpretation process of a text in advertisement. Visualization in advertisement that stressed symbols of the champion and education of synthetic oil is interpreted as advertiser expectation. For interpreting of Top 1 advertisement, public make social contact with the expert to understand before using the product. It is related with top 1 product that has high involvement. To increase understanding of public interpreting of advertisement, researcher recommends to do further research, especially in psychology side. Supported by completed data, the phenomena of testimony advertisement on television can be enlarged by quantitative research or further research. Penelitian ini difokuskan untuk melihat bagaimana khalayak dapat memproduksi makna yang berbeda-beda terhadap satu tayangan iklan testimonial. Dengan mengambil pendekatan kualitatif, penelitian ini mencoba menelaah faktor-faktor yang dilibatkan khalayak dalam proses pengambilan keputusan untuk menggunakan produk yang diiklankan. Teori-teori mengenai khalayak, transfer meaning theory, dan teori komunikasi pemasaran, khususnya dalam hal pemaknaan terhadap iklan menjadi landasan penyusunan kerangka pemikiran, yang mendasari penelitian dan menjawab permasalahan tesis ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khalayak memaknai secara positif terhadap iklan testimonial dan secara brand awareness juga telah berhasil mencapai benak konsumen. Khalayak membangun interpretasi lewat konteks sosial dengan ahli atau orang yang mengerti tentang mesin kendaraannya, dimana khalayak menggunakan fungsi mereka sebagai bagian dari kehidupan sosial. Dari hubungan dengan lingkungan inilah akhirnya proses pemaknaan terbangun. Kesaksian dari banyak tokoh-tokoh membuat khalayak menjadi tidak percaya pada kesaksiannya. Tokoh yang fokus pada primary target audience diperlukan untuk iklan dengan jenis testimoni, sehingga mempengaruhi khalayak untuk menggunakan dan tetap loyal pada produk yang diiklankan. Iklan Top1 pada masa yang akan datang seharusnya fokus juga pada primary target produknya. Faktor psikologis, konsep diri, latar belakang individu, dan lingkungan tidak dapat dilepaskan dari proses pemaknaan sebuah teks dalam iklan. Upaya yang seharusnya dilakukan, dalam mencari tokoh fokus untuk iklan testimoni perlu dilakukan tracking study kepada khalayak. Untuk lebih mendalami pola-pola pemaknaan khalayak terhadap sebuah iklan testimoni di televisi, peneliti merekomendasikan dilakukan kajian psikologis secara lebih mendalam. Banyak hal menarik yang dapat dieksplorasi dari tiap individu, yang dapat dijadikan sasaran pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-08-005
NIM/NIDN Creators: 55206110028
Uncontrolled Keywords: CORCOM, KORPORATE KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:43
Last Modified: 25 Jul 2022 03:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60358

Actions (login required)

View Item View Item