PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DAN KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP PERFORMANCE DALAM MEMENANGKAN PERMAINAN (Survei pada Komunitas Facebook Mobile Legends: Bang - Bang Indonesia)

MARINTY, LIE SELVI (2022) PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DAN KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP PERFORMANCE DALAM MEMENANGKAN PERMAINAN (Survei pada Komunitas Facebook Mobile Legends: Bang - Bang Indonesia). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Hal Cover)
Halaman Cover - LIE SELVI MARINTY.pdf

Download (446kB)
[img] Text (Abstrak)
Abtrak - LIE SELVI MARINTY.pdf

Download (104kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
Daftar Pustaka - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (Lembar Pernyataan Keabsahan)
Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuam Publikasi Tugas Akhir - LIE SELVI MARINTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

The game Mobile Legends: Bang Bang is an online game that requires teamwork, therefore interpersonal communication and group communication between players in the team has an important role in the continuity of the game to achieve victory. This study aims to determine whether or not there is an effect of interpersonal communication and group communication on performance in winning the game Mobile Legends: Bang Bang. The theory used in this research is the theory of effective interpersonal communication (Devito), small group communication (Beebe & Materson), and optimal team performance (Buchan & Taylor). This study uses a quantitative approach with a positive paradigm, and uses a survey method involving 100 respondents. The data analysis used in this research is multiple regression analysis. The test results found that the t value in the interpersonal communication variable (X1) was (1.109) < t table (1.985) meaning that interpersonal communication affected performance in winning the game Mobile Legends: Bang Bang positively, but did not significantly affect the group communication variable ( X2) it was found that the t-count value was (4.994) > t table (1.985), meaning that group communication affected performance in winning the Mobile Legends: Bang Bang game positively, had a significant effect, and based on the F test, it was obtained F count of (51.412) > f table (3.09) means that interpersonal communication and group communication affect performance in winning the game Mobile Legends: Bang Bang simultaneously or together, and have a significant effect with a total percentage of 51.5%. Keywords: interpersonal communication, group communication, performance Permainan Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu permainan online yang membutuhkan kerjasama dalam tim, untuk itu komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok antar pemain dalam tim memiliki peran yang penting dalam keberlangsung jalannya permainan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok terhadap performance dalam memenangkan permainan Mobile Legends: Bang Bang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi antar pribadi yang efektif (Devito), komunikasi kelompok kecil (Beebe & Materson), dan kinerja tim yang optimal (Buchan & Taylor). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivstik, dan menggunakan metode survei yang melibatkan 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian didapati nilai t hitung dalam variabel komunikasi interpersonal (X1) sebesar (1,109) < t tabel (1,985) artinya komunikasi antar pribadi mempengaruhi performance dalam memenangkan permainan Mobile Legends: Bang Bang secara positif, namun tidak berpengaruh secara signifikan, variabel komunikasi kelompok (X2) didapati nilai t hitungnya sebesar (4,994) > t tabel (1,985), artinya komunikasi kelompok mempengaruhi performance dalam memenangkan permainan Mobile Legends: Bang Bang secara positif, berpengaruh secara signifikan, dan berdasarkan uji F diperoleh F hitung sebesar (51,412) > f tabel (3,09) artinya komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok mempengaruhi performance dalam memenangkan permainan Mobile Legends: Bang Bang secara simultan atau secara bersama-sama, dan berpengaruh signifikan dengan jumlah persentase sebesar 51,5%. Kata Kunci:interpersonal communication, group communication, performance

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55219120007
Uncontrolled Keywords: interpersonal communication, group communication, performance,
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 16 Apr 2022 06:13
Last Modified: 16 Apr 2022 06:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59981

Actions (login required)

View Item View Item