DESIANTI, LELI (2015) STRATEGI KOMUNIKASI MENJARING PENGUNJUNG PORTAL BERITA ONLINE(Studi Kasus wolipop.com Memproduksi Berita Menjadi Informasi Gaya Hidup Wanita Modern). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
Abstract
Nowadays, number of female Internet users is higher than the number of male users. This gives market opportunities for media entrepreneurs, with a clear segmentation, and thus encourages them to create innovation on their products or programs. Online news portal wolipop.com, for example, produces news with content and concept layout that targets the female market share. This research aims to find out how wolipop.com’s communication strategy gets visitors and how it produces lifestyle news information for women living in a modern society. Constructivist research paradigm is used in this research, utilizing a case study method and a qualitative approach. The theory is presented using new media theory, as the concept or principle of online journalism BASIC. The study found out that wolipop.com implements a communication strategy in attracting visitors and becomes lifestyle information providers for modern women. The startegy is reflected throughout the news production stages, from planning, implementation, through evaluation. In the planning stage, it determines any issue raised, and the corresponding executors (players) also anyone envolved executors. In the implementation stage, communication becomes very important because the movement of reporters is relatively quick. In the evaluation phase, wolipop.com retrieves visitor data from google and detik analytic system. The news production stages proved that portal has strategy of creative communication to provides information about the lifestyle of the modern women. Saat ini tingkat pengguna Internet wanita lebih banyak dibanding pengguna Internet pria. Sehingga para pengusaha media mendapatkan peluang pasar dengan segmentasi yang jelas hingga terpacu untuk menciptakan inovasi bagi produk atau programnya. Portal berita online wolipop.com memproduksi berita dengan konten dan konsep layout yang membidik pangsa pasar wanita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi wolipop.com dalam menjaring pengunjung serta bagaimana strategi komunikasi memproduksi berita menjadi informasi gaya hidup bagi wanita yang hidup secara modern. Paradigma penelitian yang digunakan konstruktivis dengan metode penelitian studi kasus dan pendekatan kualitatif. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini menggunakan teori media baru, dengan konsep atau prinsip jurnalistik online BASIC. Hasil penelitian menemukan bahwa wolipop.com menerapkan strategi komunikasi dalam menjaring pengunjung dan menjadi penyedia informasi gaya hidup wanita modern. Strategi ini tercermin dari tahapan demi tahapan dalam produksi berita yakni saat perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan menentukan apa saja isu yang diangkat, dan juga siapa saja pelaksana yang terlibat. Dalam implementasi komunikasi menjadi sangat penting karena pergerakan reporter relatif cepat. Pada tahap evaluasi, wolipop.com memperoleh data pengunjung dari google analytic system dan detik analytic system. Tahapan produksi berita tersebut membuktikan bahwa portal ini memiliki strategi komunikasi kreatif dalam memberi informasi seputar gaya hidup wanita modern. Kata kunci: strategi komunikasi, media baru, portal berita, jurnalistik online, gaya hidup
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-16-071 |
NIM/NIDN Creators: | 55213110041 |
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi, media baru, portal berita, jurnalistik online;Komunikasi Pemasaran dan Perusahaan;CORCOM gaya hidup |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | MELATI CAHYA FITRIANI |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 07:26 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 04:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59665 |
Actions (login required)
View Item |