FASHION SEBAGAI KOMUNIKASI MAHASISWA PENYIARAN TELEVISI(Studi Kasus Identitas Diri Mahasiswa ATVI – Jakarta.)

LAKSANA, AM HERMANTO (2016) FASHION SEBAGAI KOMUNIKASI MAHASISWA PENYIARAN TELEVISI(Studi Kasus Identitas Diri Mahasiswa ATVI – Jakarta.). S3 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)

Abstract

Fashion sebagai Komunikasi Mahasiswa Penyiaran Televisi ini dibuat dengan maksud untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mengidentifikasi diri sebagai seorang mahasiswa, dan untuk memperoleh pemahaman mahasiswa pada identitas diri sebagai seorang calon praktisi televisi yang profesional. Obyek penelitian adalah institusi pendidikan vokasional bidang penyiaran televisi yang bercirikan antara lain : adanya sikap mental dan cara berpikir cerdas, kreatifitas tinggi, berkerja dengan peralatan yang sarat teknologi, mampu bekerja dalam manajemen yang ketat dan bekerja-sama dalam tim, menguasai ilmu komunikasi, mampu membuat perencanaan produksi televisi, memiliki pemahaman artistik, serta mampu bekerja pada pelbagai kondisi lapangan. Subyek penelitian adalah mahasiswa Akademi Televisi Indonesia yang kampusnya berada dalam kawasan stasiun televisi, sehingga mahasiswa hidup dalam kultur televisi yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivis, menggunakan metode Studi Kasus dengan desain/ model penelitian Single Case Holistic yang tidak menggunakan pengukuran dengan angka, melainkan dilihat sebagai sebuah fenomena sosial, dan dengan pendekatan Kualitatif yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sementara data yang dikumpulkan menggunakan teknik teknik triangulasi berupa : wawancara bertahap, observasi partisipan serta dokumentasi foto. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa fashion merupakan sebuah bentuk dari ekspresi individualistik, sebagaimana terungkap dalam beberapa pernyataan, bahwa fashion dapat menampilkan sesuatu yang disukai, dapat memberi rasa percaya diri, disamping juga sebagai suatu cara yang dilakukan oleh individu untuk membedakan dirinya dengan orang lain dengan menampilkan keunikan yang dimilikinya, selain fashion juga dimaknai sebagai identitas social. Fashion bagi mahasiswa juga lebih dipandang sebagai suatu cara untuk mengomunikasikan identitas sebagai mahasiswa, untuk menampilkan siapa mereka. Identitas ini terbentuk karena kepatuhan pada regulasi aturan “moral” kolektif sebagai masyarakat “ilmiah”, yang diekspresikan kerapihan dan kesopanan dalam berpakaian sebagai identitas intelektual, serta ciri khas ala broadcast yang kreatif dan sarat teknologi. Fashion dan pakaian secara simbolis mengikat satu komunitas, yang juga menunjukkan bahwa kesepakatan sosial atas apa yang dikenakan merupakan ikatan sosial itu sendiri yang pada gilirannya akan memperkuat ikatan sosial lainnya. Fungsi mempersatukan dari fashion dan pakaian berlangsung untuk mengkomunikasikan keanggotaan satu kelompok kultural baik pada orang-orang yang menjadi anggota kelompok tersebut maupun bukan. Kata kunci : Fashion, Identitas Diri, Mahasiswa Broadcast, Profesional, Fashion as means of Communication of Broadcasting Student was created with the intention to find out how students identify themselves as a student, and to gain an understanding of students on self-identity as candidate of professional television practitioner. Object of the research are vocational institutions in field of television broadcasting which is characterized, such as: their mental attitude, smart thinking, high creativity, working with equipment that is full of technology, able to work under strict management, working in teams, mastering the science of communication, capable in television production planning, have artistic understanding, and able to work in various conditions. Subjects were students of the Academy of Television Indonesia which is within the campus television station, so that the students live in the culture of the actual television. This study uses a paradigm Constructivists, using Case Study of the design / research model Single Case Holistic that does not use the measurements with the numbers, but rather seen as a social phenomenon, and with the Qualitative approach that produces descriptive qualitative data in the form of words written or spoken of -people and observed behavior, while data collected using triangulation techniques include: gradual interview, participant observation and photo documentation. The results of this study stated that fashion is a form of expression of individualistic, as revealed in the statement, that the fashion shows interesting thing. It can give self- confidence, as well as a means by individuals to distinguish themselves from others by displaying its uniqueness, in addition to fashion also interpreted as a social identity. Fashion for students also is seen as a way to communicate its identity as a student, to show who they are. These identities are formed due to regulatory compliance rules "moral" society collectively as "scientific", expressed neatness and modesty in dress as intellectual identity, as well as the characteristic style of broadcast creative and full of technology. Fashion and clothing symbolically binds the community, which also indicates that the social consensus on what the subject is the social bond itself, which in turn will strengthen the bonds of other social. Unifying function of fashion and clothing lasted for communicating the cultural group membership both in people who become members of the group or not. Keywords : Fashion, Identity, Broadcast Students, Professionals

Item Type: Thesis (S3)
Call Number CD: CDT-552-16-049
NIM/NIDN Creators: 55212110012
Uncontrolled Keywords: Fashion, Identitas Diri, Mahasiswa Broadcast, Profesional, Fashion, Identity, Broadcast Students, Professionals, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:11
Last Modified: 27 Jun 2022 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59538

Actions (login required)

View Item View Item