PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PENJUALAN NPK DI PABRIK PUPUK PT XYZ

ARIA, BOYCKE GARDA (2012) PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PENJUALAN NPK DI PABRIK PUPUK PT XYZ. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

PT XYZ adalah produsen pupuk nasional yang berdudukan di Jawa Barat, yang telah berkecimpung di dunia bisnis pupuk selama 30 tahun. Pada Tahun 2006, PT XYZ memperluas bisnisnya dengan membangun pabrik pupuk NPK yang berkapasitas 100.000 ton per tahun. Dalam pengoperasian pabrik pupuk tersebut, terjadi banyak masalah dan kendala. Salah satu kendala yang harus segera di selesaikan adalah segera mengurangi nilai inventori barang jadi. Barang jadi yang belum terjual sejumlah 7.000 ton yang terdiri atasi 17 item pupuk NPK, senilai Rp 35 milyar. Untuk itu, perlu adanya sebuah alat yang mampu memasarkan ke konsumen dengan mudah, Berhubung konsumen pupuk mayoritas berada di luar pulau PT XYZ, dan alat bantu tersebut adalah e-Commerce. Penelitian ini bertujuan merancang E-Commerce yang dikembangkan dari website perusahaan yang sudah ada, agar dapat menjadi alat bantu manajemen untuk menjual produk jadi yang ada di gudang. Dan juga bertujuan penjualan barang jaditersebut menjadi efektif dan efisien, yang akhirnya perusahaan mempunyai potensi mendapatkan keuntungan tambahan. Sebelumnya Perusahaan telah mempunyai prosedur baku dalam penjualan produk. Tetapi dengan adanya e-Commerce, perusahaan memerlukan beberapa perubahan prosedur . Perubahan tersebut melingkupi perubahan Sistem dan Prosedur Penjualan, Pembayaran, Struktur Organisasi dan Budaya. Prosedur utama yang berubah adalah, diperbolekannya konsumen atau masyarakat umum unutk mengetaui produk pupuk npk yang tersedia siap kirim. Selanjutnya perlu di buat sebuah kotak fungsi kerja baru yang khusus menangani e-commerce. Konsekwensinya adalah penambahan personil dengan spesifikasi khusus dan jam kerja yang berbeda dengan karyawan pemasaran konvensional. Persetujuan kontrak di turunkan dari direktur ke pajabat yang lebih rendah, agar efektivitas penjualan meningkat. Produk jadi di gudang,sebaiknya tidak dikenakan biaya engineering, sehingga perusahaan dapat menjual dengan harga lebih murah.. Moda pembayaran di pembayaran di perbanyak, sehingga konsumen lebih fleksibel dalam bertransaksi, efek lainnya perusahaan akan mendapatkan konsumen lebih banyak dan lebih beragam. Kata Kunci : E-Commerce, Penjualan, Perancangan EC.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55310110017
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Penjualan, Perancangan EC.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:12
Last Modified: 06 Apr 2022 03:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59421

Actions (login required)

View Item View Item