SUYADIYANTO, SUYADIYANTO (2019) ANALISIS GETARAN PADA DISC BRAKE AKIBAT PENGARUH GAYA PENGEREMAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
Abstract
Rem merupakan salah satu sistem yang penting pada kendaraan karena menyangkut keselamatan penumpang. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian yang sangat mendalam mengenai keausan dan tahapan-tahapannya pada sistem pengereman, salah satu metoda yang digunakan untuk mengetahui umur komponen pengereman adalah dengan menggunakan metoda getaran. Pada penelitian ini dilakukan pengujian pada sistem pengereman (disc brake) dengan menggunakan beban sebagai gaya pengereman yang diberikan. Adapun besarnya beban yang diberikan adalah diberikan beban 0 Kg, 1 Kg, 2 Kg, dan 3 Kg. dengan gaya eksitasi yang diberikan berupa sinyal yang berasal dari handphone sebagai input yang diberikan, sedangkan output yang diukur berasal dari rumah kanvas rem terhadap sumbu x, y dan z. rentang frekuensi yang digunakan pada penelitian ini adalah 1 – 1000 Hz. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa pada rumah kampas arah sumbu x terlihat bahwa frekuensi pada beban 0 kg selalu muncul lebih awal, sedangkan untuk beban 1 kg dan 2 kg memiliki frekuensi yang sama dengan amplitude yang lebih tinggi beban 1 kg jika dibandingkan dengan 2 kg, beban 3 kg memiliki frekuensi lebih tinggi dibandingakan dengan beban yang lain. Pada arah sumbu y sangat banyak ditemukan noise, sedangkan pada sumbu z diperoleh noise yang lebih sedikit dibandingkan ketiga sumbu tersebut. Kata kunci : Disc brakes, Vibration, beban pengereman, frekuensi, noise.
Actions (login required)
View Item |