PRAYOGO, RYAN ADHI (2018) ANALISIS KERUSAKAN PADA ENGINE CFM56-5B DIKARENAKAN ENGINE STALL UNTUK JENIS PESAWAT AIRBUS A320. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman judul.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
Abstract
Engine merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah pesawat terbang. Bisa dibilang engine merupakan bagian inti dari pesawat terbang, karena alas an tersebut maka dilakukannya suatu usaha perawatan atau maintenance untuk menjaga agar engine tidak mengalami kegagalan atau kerusakan selama pengoperasian di udara, proses perawatan dan inspeksi berkala diterapkan, setiap pesawat mendarat di lakukannya visual inspection, mulai dari walk around menemukan sesuatu yang bisa menyebabkan kerusakan pada system pesawat khususnya bagian engine pesawat. Perawatan yang dilakukan berbagai macam, mulai dari perawatan kecil sampai besar, dari yang hanya melihat sampai penggantian suatu barang. Pergantian suatu item pada bagian engine pesawat harus dilakukannya pengujian engine dengan cara engine ground run, untuk mengetahui performa engine setelah dilakukannya perawatan atau penggantian suatu spare part, agar kita dapat mengetahui ada nya kebocoran atau tidak dan system pada engine bekerja dengan baik. Pada laporan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyebab salah satu dari engine stall yang terjadi pada engine CFM56-5B yang dipakai oleh pesawat jenis Airbus A320. Dengan melakukan analisis pengukuran, perhitungan dan pengujian maka ditemukannya trouble pada salah satu bagian system engine yaitu variable bleed system, yang mana bagian ini berfungsi untuk mengatur banyak kurangnya kebutuhan massa udara yang masuk ke dalam engine. Karena sesuai hukum baku dari newton yang kedua adalah F= m x a, tanpa ada nya masssa udara maka tidak di dapatkan nya gaya atau daya dorong (thrust) pesawat itu sendiri. Pembahasan pada engine CFM56-5B meliputi prosedur penguian parameter yang diuji, dan kelayakannya sesuai dengan desain dari pabrik. Kata kunci : Mesin GE CFM56-5B, Engine stall, variable bleed valve, engine gas temperature, Thrust (gaya dorong)
Actions (login required)
View Item |