HAVIF, MUHAMAD (2019) ANALISIS EFEKTIFITAS ALIRAN UDARA KIPAS PADA SISTEM PENDINGIN BLOK MESIN MOBIL BENSIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. halaman judul.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. surat pernyataan.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. lembar pengesahan.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (BAB II)
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
||
Text (BAB III)
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
||
Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text (BAB V)
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
Abstract
Di jaman yang modern ini kemajuan teknologi di bidang otomotif semakin berkembang secara pesat, mengharuskan untuk terus mempelajari ilmu teknologi dan menambah ilmu pengetahuan. Jika salah satu dari sistem tersebut tidak bekerja dengan baik maka berpengaruh pada sistem yang lainnya, sehingga menimbulkan kerugian dan mengurangi kinerja mesin, bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada mesin tersebut. Sistem pendinginan pada mesin mobil berfungsi sebagai pelindung mesin mobil dengan cara menyerap panas. Panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar didalam silinder. Panas tersebut merupakan suatu hal yang sengaja diciptakan untuk menghasilkan tenaga. Namun panas tersebut dapat menimbulkan panas yang berlebihan (over heating effect). Panas yang berlebihan itu menjadi penyebab berubahnya sifat�sifat mekanis serta bentuk dari suatu komponen mesin mobil. Sifat serta komponen mesin bila telah berubah akan menyebabkan kinerja mesin terganggu dan mengurangi usia mesin tersebut.(Maleev, 1982). Pada suhu 70℃ sampai dengan suhu 90℃, didapatkan efektifitas radiator tertinggi pada suhu air pendingin 70℃ = 0,18333 menggunakan motor kipas nomor 3 dengan kecepatan aliran udara 5 m/s. Dengan meningkatnya nilai efekifittas radiator dapat dipastikan nilai efektifitas sistem pendingin blok mesin pun meningkat. Dari percobaan pengambilan data dengan menggunakan metode selang waktu didapatkan nilai efektifitas radiator tertinggi pada menit ke 30 menggunakan motor 3 kecepatan aliran udara 5 m/s dengan nilai efektifitas = 0,624976. Dan suhu mulai stabil di menit ke-30 dengan suhu rata-rata Th1 = 88,6667 dan Th2 = 83,6667. Jadi dapat disimpulkan semakin bertambahnya kecepatan aliran udara dari kipas radiator, maka semakin besar nilai efektifitas sistem pendingin blok mesin mobil bensin
Actions (login required)
View Item |