PERANCANGAN DAN PENDAMPINGAN MEDIA PROMOSI PADA UMKM “COFFEETEA BASKOPT” DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TUGAS AKHIR PEDULI NEGERI

LUTFIAH, LUTFIAH (2021) PERANCANGAN DAN PENDAMPINGAN MEDIA PROMOSI PADA UMKM “COFFEETEA BASKOPT” DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TUGAS AKHIR PEDULI NEGERI. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
07 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

In Indonesia, the definition of MSMES is regulated in the Republic of Indonesia LAW No. 20 year 2008 about MSMES stated that micro-business is a productive business belonging to individual person and/or individual business entity that has micro business criteria, small business is a standalone productive economic business, conducted by an individual or a business entity that is a subsidiary company or not a subsidiary owned, mastered or part, either directly or indirectly, from medium enterprises or large enterprises that meet small business criteria. In the present day, of course, the growing age emerged a variety of unique food and drinks with a variety of new innovations. One of them is West Jakarta, there is a coffee shop. This promotional media through social media is a very important component of doing so marketing activities. However, these SMES have not applied social media as promotional media. The MSMES already has Instagram social media but not used as promotional media. To be able to market products in this digital era, SMES must be able to utilize social media as promotional media. By utilizing social media this MSME actors have to create a promotion strategy first before being promoted through social media Instagram. Establishing communication with customers and prospective customers, entrepreneurs also promote products through social media aims to increase consumer awareness. Media Planner makes an increase in the credibility of the SME's business by choosing the right media platform for their business.Media Promotion is a tool to communicate a product/service/image/company or another to be better known to the wider community. Keywords: MSME, Media planner, Media promotion, Social media Di Indonesia, definisi UMKM diatur dalam UU Republik Indonesia No.20 Tahun 2008 tentang UMKM dinyatakan bahwa Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memiliki kriteria usaha mikro, Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang buka merupakan anak perusahan atau bukan anak cabang yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian, baik langsung maupun tidak langsung, dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil. Pada zaman sekarang ini, tentunya semakin berkembangnya zaman muncul lah berbagai macam makanan dan minuman unik dengan berbagai inovasi baru. Salah satunya Jakarta Barat terdapat UMKM kedai kopi. Media promosi melalui media sosial ini adalah suatu komponen yang sangat penting untuk melakukannya kegiatan pemasaran. Namun, pelaku UMKM ini belum mengaplikasikan media sosial sebagai media promosi. Pelaku UMKM sudah memiliki media sosial Instagram tetapi tidak dijadikan sebagai media promosi. Untuk dapat memasarkan produk dalam era digital ini, pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Dengan memanfaatkan media sosial ini pelaku UMKM harus membuat strategi promosi terlebih dahulu sebelum dipromosikan melalui media sosial Instagram. Membangun komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan, para pengusaha juga mempromosikan produk melalui media sosial bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen. Media Planner membuat peningkatan kredibilitas usaha UMKM tersebut dengan memilih platform media yang tepat untuk usaha mereka. Media yang tepat sangatlah penting bagi sebuah UMKM yang sedang dijalani. Media Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Kata Kunci : UMKM, Media planner, Media Promosi, Media Sosial

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44316010017
Uncontrolled Keywords: UMKM, Media planner, Media Promosi, Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Jan 2021 05:54
Last Modified: 15 Jan 2021 05:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59155

Actions (login required)

View Item View Item