ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN SISTEM JAK LINGKO MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS RUTE JAK-01 TANJUNG PRIOK – PLUMPANG)

HASTUTI, MAYA TRI (2021) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN SISTEM JAK LINGKO MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS RUTE JAK-01 TANJUNG PRIOK – PLUMPANG). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)

Abstract

ABSTRAK Mobilisasi masyarakat perkotaan yang tinggi menuntut tersedianya transportasi umum yang handal dan tersistem. Angkutan perkotaan sebagai bagian dari transportasi umum harus mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak yang berkepentingan, diantaranya operator sebagai penyedia angkutan serta pemerintah sebagai pengatur penyelenggaraan transportasi. Jak Lingko sendiri merupakan sistem transportasi yang terintegrasi (integrasi rute, manajemen dan pembayaran) pada layanan transportasi publik di Jakarta. Khusus untuk mobil penumpang umum (angkutan perkotaan / angkot) yang sudah terintegrasi dengan Jak Lingko, tidak dikenakan tarif atau Rp. 0 ,- namun penumpang tetap harus melakukan tap – in dan tap – out pada alat yang disediakan di setiap angkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan penumpang terhadap pelayanan angkutan perkotaan sistem Jak Lingko serta memberikan rekomendasi kepada pihak terkait tentang gambaran kualitas pelayanan yang diberikan PT. Transportasi Jakarta dengan studi kasus rute Jak-01 Tanjung Priok - Plumpang dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan untuk meningkatkan minat masyarakat pada transportasi massal. Penelitian ini menggunakan metode analisa Importance Performance Analysis. Metode ini memetakan tingkat kepentingan dan kepuasan pelayanan dalam dengan bantuan diagram kartesius. Adapun sumber data yang digunakan adalah hasil observasi langsung dan pembagian kuesioner kepada penumpang Angkutan Perkotaan Jak-01 Tanjung Priok – Plumpang. Seluruh proses pengujian data (uji validitas, reliabilitas dan analisis agresi linier) serta diagram IPA dalam penelitian ini dibuat seluruhnya dengan aplikasi IBM SPSS Versi 24. Hasil penelitian dari pengolahan data kuesioner yang diberikan kepada 100 orang menunjukkan bahwa kriteria kepuasan penumpang terhadap penilaian kinerja pelayanan termasuk dalam kategori puas dengan bobot rata-rata 3,54 dari skala 5,00. Lima belas atribut pelayanan yang diujikan kepada seratus responden mendapat penilaian puas. Sedangkan tingkat kepentingan penumpang terhadap kinerja pelayanan termasuk dalam kategori sangat penting dengan bobot rata-rata 4,312 dari skala 5,00. Adapun atribut pelayanan yang perlu mendapat perhatian lebih dengan meningkatkan kinerja pelayanan yaitu atribut pada kuadran A, yang mana atribut-atribut yang terdapat pada kuadran ini merupakan atribut-atribut yang memiliki nilai kepentingan yang tinggi bagi konsumen, namun kinerjanya masih kurang memuaskan yaitu (1) Kecepatan pelayanan pengemudi, (2) Keselamatan dan keamanan penumpang selama perjalanan, (3) Kenyamanan penumpang dalam perjalanan, (4) Kesediaan pengemudi untuk menghargai dan melayani (ramah dan sopan terhadap penumpang), (5) Kepedulian pengemudi pada penumpang khusus, (6) Kenyamanan dan kebersihan tempat duduk yang disediakan, (7) Kebersihan lantai dan jendela angkutan. Masih diperlukan peningkatan / perbaikan kinerja pelayanan agar kepuasan penumpang dapat meningkat. Selain itu masih harus dilakukan sosialisasi lebih untuk mengenalkan Angkutan Perkotaan sistem Jak Lingko ini karena dilihat dari berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh angkutan ini dinilai memuaskan oleh pelanggan. Kata Kunci : Kepuasan, IPA, Angkutan Perkotaan, Jak Lingko. ABSTRACT High mobilization of urban society requires the availability of reliable and systematic public transportation. Urban transportation as a part of public transportation must receive special attention from all interested parties, operators as shuttle providers and government as policy regulator. Jak Lingko is an integrated transportation system (route integration, management integration, and payment integration) in public transportation service in Jakarta. Especially for public passenger cars (urban transportation) that have been integrated with Jak Lingko, not charged or Rp. 0,- but passengers still have to tap - in and tap - out on the tap machine that has been provided in each transport. The purpose of this study is to identify the level of importance and satisfaction passengers on urban transportation services with Jak Lingko system and provide recommendations to related parties about service quality were provide by PT. Jakarta Transportation, case study Jak-01 Tanjung Priok – Plumpang in order to increase public interest towards mass transportation. Analysis method in this research is Importance Performance Analysis (IPA). This method maps each value of importance and satisfaction passengers on Cartesian diagram. Research data sourced from direct observation and distribution of questionnaires to Jak-01 Tanjung Priok - Plumpang passengers. The entire data testing process (validity, reliability and linear aggression analysis) and also the IPA diagram in this study were made entirely with the IBM SPSS Version 24 application. Based on 100 questionnaire result the criteria of passenger satisfaction against the service performance is in the satisfied category with average score 3.54 from 5.00 scale. The fifteen test attributes were rated as satisfied by the respondent. While the passengers importance level on service performance is in the very important category with an average score 4.312 from 5.00 scale. Some attribute that need to get more attention by improving service performance are attributes in quadrant A, in this quadrant the attributes that have a high importance for consumers, but the performance is still not satisfactory them, that is (1) Speed of driver service, (2) Safety and security of passengers during the trip, (3) Passenger comfort on the trip, (4) Driver's willingness to appreciate and serve (friendly and polite to passengers), (5) Driver's concern for special passengers, (6 ) Comfort and cleanliness of the seats provided, (7) Cleanliness of floors and windows shuttle. There is still need to improve service performance for increased satisfaction of passenger. In addition, more socialization still needs to introduce the Jak Lingko Urban Transport system because seen from the various facilities offered by this transportation, it is considered satisfactory by the customer. Kata Kunci : Satisfaction, IPA, Urban Transportation, Jak Lingko.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FT/SIP 19 020
NIM: 41117320040
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, IPA, Angkutan Perkotaan, Jak Lingko.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:25
Last Modified: 14 Jan 2021 08:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59116

Actions (login required)

View Item View Item