MAHDY, NAUFAL YUFA (2018) ANALISIS PERBANDINGAN METODE FAST TRACK DAN KONVENSIONAL PADA PEKERJAAN CONCOURSE LEVEL TERHADAP BIAYA DAN WAKTU (STUDI KASUS : PROYEK MRT JAKARTA CP102). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3 ABSTRAK.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar pernyataan sidang.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
lembar pengesahan sidang.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
4 KATA PENGANTAR.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
5. DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
6. DAFTAR TABEL.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (BAB II)
9. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
||
Text (BAB III)
10. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text (BAB IV)
11. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
||
Text (BAB V)
12. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Proyek pembangunan MRT Jakarta terdiri dari 6 area yaitu CP101 sampai CP106. Stasiun Fatmawati yang berlokasi di Jakarta selatan adalah salah satu stasiun di proyek MRT Jakarta CP102 yang ditargetkan selesai pada tahun 2019. Berdasarkan progres, Stasiun Fatmawati mempunyai peluang keterlambatan pada beberapa pekerjaan maka dari itu untuk mengurangi resiko tersebut pihak kontraktor melakukan metode fast track pada pekerjaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dengan kedua metode fast track dan metode konvensional yang ditinjau terhadap waktu yang digunakan serta biaya yang dihabiskan yang dijadikan perbandingan pada pekerjaan concourse level di stasiun fatmawati proyek MRT Jakarta CP 102. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dimana data diambil dari pengamatan lapangan, diskusi dan wawancara pihak terkait pada proyek tersebut. Pelaksanaan dengan menggunakan metode konvensional memakan waktu 11 bulan, sedangkan pelaksanaan menggunakan metode fast track memakan waktu 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan lantai concourse lebih tepat menggunakan metode fast track, Untuk biaya yang dihasilkan dalam pelaksanaan kedua kedua metode tersebut, metode konvensional lebih murah dibandingkan metode fast track Rp 184.800.000,-., dari segi material dan pekerja harga perblock sama tetapi yang membedakan yaitu dari harga alat berat seperti jika di metode fast track menggunakan tower crane dan stasionary pump dan metode konvensional menggunakan mobile crane dan concrete pump. total biaya pada metode fast track Rp 968.800.000,-. Dan untuk metode konvensional Rp. 784.000.000,-. Kata Kunci : Fasttrack, Konvensional, Biaya dan Waktu, Tower Crane, Mobile Crane
Actions (login required)
View Item |