PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dramaojol.id TERHADAP KEPUASAN PENGEMUDI DAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE (Survei terhadap pengemudi dan pengguna Gojek dan Grab followers @dramaojol.id)

HIDAYAT, NURDIYAN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @dramaojol.id TERHADAP KEPUASAN PENGEMUDI DAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE (Survei terhadap pengemudi dan pengguna Gojek dan Grab followers @dramaojol.id). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 - COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
06 - ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02 - SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03 - LEMBAR-LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05 - KATA PENGANTAR.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
07 - DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
08 - DAFTAR TABEL.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
09 - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GRAFIK)
10 - DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
11 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12 - BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
13 - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB III)
14 - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB V)
16 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB IV)
15 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18 - KUMPULAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study discusses the effect of using Instagram @dramaojol.id social media on the satisfaction of online transportation drivers and users. The background of the problem is taken, namely the presence of Instagram @dramaojol.id account as a platform that shares stories of the reality of the profession of online transportation drivers and online transportation user experience. The purpose of this study was to determine the extent of the influence of Instagram @dramaojol.id social media on the satisfaction of online transportation drivers and users. In this study using several relevant theories such as communication, public relations, new media, media use and satisfaction. The research methodology used is quantitative with explanatory type. The population of this study is the driver and user of @journalojol.id followers with a sample of 384 followers. The sampling technique uses nonprobability sampling. The results of this study indicate that the use of Instagram @dramaojol.id is 93.5% and satisfaction is 89.1%. Relationship The use of media Instagram @dramaojol.id with satisfaction is equal to 0.762, and has an influence of 58.1% while the rest is influenced by other factors not examined in this study. The conclusion of this research is that the use of Instagram @dramaojol.id media has a strong relationship and has a positive and significant influence on the satisfaction of online transportation drivers and users. Advice that can be given is, Admin @dramaojol.id is expected to be able to remain consistent in providing information - information needed by followers and can hold meetings for drivers and users of online transportation. Keywords: Usage, Instagram, Satisfaction, Online Transportation. Penelitian ini membahas Pengaruh penggunaan media sosial Instagram @dramaojol.id terhadap kepuasan pengemudi dan pengguna transportasi online. Latar belakang masalah yang diambil yaitu, kehadiran akun instagram @dramaojol.id sebagai platform yang membagikan cerita dari realitas profesi pengemudi transportasi online dan pengalaman pengguna transportasi online. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial Instagram @dramaojol.id terhadap kepuasan pengemudi dan pengguna transportasi online. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan seperti komunikasi, public relations, media baru, penggunaan media dan kepuasan. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah pengemudi dan pengguna followers @dramaojol.id dengan sample sebanyak 384 followers. Teknik penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan instagram @dramaojol.id sebesar 93,5% dan kepuasan sebesar 89,1%. Hubungan Penggunaan media instagram @dramaojol.id dengan kepuasan adalah sebesar 0,762, dan memiliki pengaruh sebesar 58,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media instagram @dramaojol.id mempunyai hubungan yang kuat dan memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan pengemudi dan pengguna transportasi online. Saran yang dapat diberikan yaitu, Admin @dramaojol.id diharapkan mampu tetap konsisten dalam memberikan informasi – informasi yang dibutuhkan followers dan dapat mengadakan acara pertemuan untuk pengemudi dan pengguna transportasi online. Kata Kunci: Penggunaan, Instagram, Kepuasan, Transportasi Online.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44215110123
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Instagram, Kepuasan, Transportasi Online.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:42
Last Modified: 23 Nov 2020 04:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58284

Actions (login required)

View Item View Item