DARMAWAN, DARMAWAN (2020) ANALISIS RESEPSI PROGRAM THE EAST DI NET TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
1.COVER3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text (BAB 2)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (BAB 3)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text (BAB 4)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text (BAB 5)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
Abstract
menginspiratif dan menarik perhatian Mahasiswa Jurusan Broadcasting. NET TV yang belum lama ini, menayangkan program profesi kerja di balik layar televisi yang menginspirasi, yaitu THE EAST. Peneliti memilih THE EAST menjadi objek penelitian karena program tersebut memiliki interaksi yang kuat dengan Mahasiswa Jurusan Broadcasting. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian karena program acara THE EAST membahas mengenai profesi kerja di balik layar televisi yang memiliki konsep berbeda dengan program-program acara lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui resepsi khalayak khususnya Mahasiswa Mercu Buana Jurusan Broadcasting terhadap program acara THE EAST di NET TV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stuart Hall dengan pendekatan penelitian Deskriptif Kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan analisis resepsi yang didasarkan pada atas model Stuart Hall. Jenis data yang didapatkan yaitu data primer melalui wawancara mendalam, observasi dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, masing - masing persepsi mahasiswa Universitas Mercu Buana memiliki persepsi yang beraneka ragam terhadap Program THE EAST di NET TV. Secara garis besar, para mahasiswa memiliki tiga cara atau tiga kelompok dalam memaknai sebuah teks, yaitu hegemoni dominant, negotiated, dan oppositional. Hasil ini menjelaskan bahwa media bukanlah sebuah institusi yang memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi khalayak melalui pesan yang disampaikannya. Khalayaklah yang diposisikan sebagai pihak yang memiliki kekuatan dalam menciptakan makna secara bebas dan bertindak atau berperilaku sesuai dengan makna yang mereka ciptakan atas teks media tersebut. Kata Kunci : Program Televisi, THE EAST, Mahasiswa, Universitas Mercu Buana, Stuart Hall
Actions (login required)
View Item |