PENGARUH IKLAN TOKOPEDIA X BTS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT TOKOPEDIA (Studi Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana)

VIRANDA, ELSA (2021) PENGARUH IKLAN TOKOPEDIA X BTS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT TOKOPEDIA (Studi Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
TUGAS AKHIR-COVER - Elsa Viranda.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
TUGAS AKHIR-BAB I - Elsa Viranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
TUGAS AKHIR-BAB II - Elsa Viranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB III)
TUGAS AKHIR-BAB III - Elsa Viranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB IV)
TUGAS AKHIR-BAB IV - Elsa Viranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB V)
TUGAS AKHIR-BAB V - Elsa Viranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
TUGAS AKHIR-DAFTAR PUSTAKA - Elsa Viranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
TUGAS AKHIR-LAMPIRAN - Elsa Viranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)

Abstract

The e-commerce industri in Indonesia is currently experiencing a very rapid growth. About 90 percent of internet users in Indonesia have shopped online and Indonesia’s e-commerce growth is the largerst in the Southeast Asia region. To face this tight competition with other e-commrce in this fast growing e-commerce industry, PT Tokopedia decided to collaborated with a very well-known boyband from South Korea, namely BTS, this collaboration was proven in the advertisement entitled Tokopedia x BTS with several versions of the ad. This study will discuss sensitive issues arising from the advertisement, there was an accusation from the Lembaga Advokasi Kajian Strategis (Laksi) that said the advertisement containts elements of lesbian, gay, bisexual, transgender or known as LGBT. This research use a quantitative approach with a survey method. The population in this study were the students of Faculty of Communication Science 2016 Mercu Buana University and collected primary data by distributing questionnaires to 185 respondents. This study aims to determine, how much the influence of Tokopedia x BTS advertisement has on PT Tokopedia’s Corporate image. The results of this study indicate the influence of Tokopedia x BTS advertisement on PT Tokopedia’s corporate image bu 31,6% and 68,4% influenced by other factors. Overall, this research concludes that the Tokopedia x BTS advertisement affects the corporate image of PT Tokopedia. Keywords : Iklan, BTS, Citra Perusahaan, PT Tokopedia Industri e-commerce Indonesia saat ini terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Sekitar 90 persen pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja online dan pertumbuhan e-commerce Indonesia merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Untuk menghadapi persaingan yang ketat dengan e-commerce lain di masa pertumbuhan indutri e-commerce yang sedang pesat ini, Tokopedia bekerjasama dengan boyband yang sangat terkenal dari Korea yaitu BTS, kerjasama tersebut dibuktikan dalam iklan yang berjudul Tokopedia x BTS dengan beberapa versi iklan. Pada penelitian ini akan membahas isu sensitif yang ditimbulkan dari iklan tersebut yaitu adanya tuduhan dari Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (Laksi) yang mengatakan bahwa iklan tersebut mengandung unsur kamapnye lesbian, gay, biseksual, transgender atau yang dikenal dengan LGBT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi 2016 Universitas Mercu Buana. Peneliti mengumpulkan data primer dengan penyebarkan kuesioner kepada 185 responden dan penelitian ini bertujuan untuk mengatahui besarnya pengaruh iklan Tokopedia x BTS terhadap citra perusahaan PT Tokopedia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh iklan Tokopedia x BTS terhadap citra perusahaan PT Tokopedia sebesar 31,6% dan 68,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Secara keseluruhan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa iklan Tokopedia x BTS mempengaruhi citra perusahaan PT Tokopedia. Kata Kunci : Iklan, BTS, Citra Perusahaan, PT Tokopedia

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216010141
Uncontrolled Keywords: Iklan, BTS, Citra Perusahaan, PT Tokopedia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:03
Last Modified: 16 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58058

Actions (login required)

View Item View Item