PRAWIRA, PRADIPTA YUDHA (2019) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU WALI KELAS DAN MURID DALAM MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR MURID SDN PANINGGILAN 07. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
7. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text (BAB 2)
8. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text (BAB 3)
9. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text (BAB 4)
10. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text (BAB 5)
11. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi interpersonal antara guru wali kelas di kelas IV SDN Paninggilan 07. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dan buku-buku, Alasan penulis mengangkat kelas IV menjadi fokus penelitian karena menurut penulis kelas IV adalah kelas yang sudah cukup untuk di bimbing dan berikan motivasi belajar untuk bekal memasuki kelas V dan VI, dan anak-naka yang sudah memasuki kela IV sudah lebih sedikit dewasa untuk menerima setiap perkataan yang disampaikan guru dibandingkan dengan anak-anak yang masih berada di kelas I, II dan III. Hasil penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi interpersonal yang sudah diterapkan guru kepada siswa kelas IV SDN Paninggilan 07. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan guru wali kelas IV di SDN Paninggilan 07 adalah dengan mengatur dan merencakanan apa yang akan dilakukan untuk memotivasi belajar siswa-siswi dengan metode-metode yang sudah dibuat. Melalui pendekatan personal guru memainkan peran sebagai fasilitator dan motivator bagi siswasiswi. Siswa belajar dalam suasana kondusif nyaman dan menyenangkan sehingga siswa terdorong untuk belajar dan meraih prestasi. Melalui metode-metode yang dilakukan guru baik melalui pesan, sikap dan perilaku sudah dilakukan oleh guru wali kelas IV di SDN Paninggilan 07 ini sehingga komunikasi interpersonal yang dilakukan juga cukup memberikan dampak yang baik dan signifikan sehingga siswa-siswi dapat termotivasi belajarnya. Hal ini dinyatakan berhasil dikarenakan oleh peningkatan beberapa nilai anak murid.
Actions (login required)
View Item |