Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dalam Rangka Efektivitas Pengendalian Internal Perusahaan ( Studi Kasus PT. Daya Guna Motor Indosesia )

Prassyaningsih, Fetty (2021) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dalam Rangka Efektivitas Pengendalian Internal Perusahaan ( Studi Kasus PT. Daya Guna Motor Indosesia ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
02 Cover - fetty prassyaningsih.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
03 Abstrak - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text (Bab 1)
04 Bab 1 - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
05 Bab 2 - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab 3)
06 Bab 3 - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
07 Bab 4 - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab 5)
08 Bab 5 - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
10 Daftar Pustaka - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
11 Lampiran - fetty prassyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem informasi akuntansi pada penggajian dalam rangka efektivitas pengendalian internal perusahaan di PT. Daya Guna Motor Indonesia, mulai dari aktivitas dalam pengendailan internal dalam melakukan proses sistem penggajian karyawan sampai dengan laporan yang dihasilkan dari sistem penggajian ini. Penelitian ini mengambil objek penelitian di PT. Daya Guna Motor Indonesia yang bergerak di bidang otomotive. Metode pengumpulan data ini menggunakan obervasi, wawancara dan laporan dari hasil sistem penggajian yang ada di PT. Daya Guna Motor Indonesia. Teknik analisa diskrikptif yaitu teknik analisa dengan cara pengumpulan, penyusunan dan penyajian dalam proses aktivitas sistem informasi akuntasi penggajian karyawan. Dokumen yang digunakan, catatan akuntasi terkait, laporan yang dihasilkan dan fungsi-fungsi yang terkait dengan sistem informasi akuntansi penggajian dan kemudian dilakukan evaluasi apakah sistem informasi akuntansi penggajian yang diterapkan di PT. Daya Guna Motor Indonesia sudah berjalan dengan efektif dan efisien dalam proses penggajian. Hasil penelitian pada PT. Daya Guna Motor Indonesia menunjukan bahwa penerapan sistem informasi penggajian dalam rangka efektivitas pengendalian internal perusahaan pada PT. Daya Guna Motor Indonesia sudah cukup efektif karena sudah sesuai teori yang ada dengan proses siatem informasi penggakian yang sudah diterapkan di perusahaan. Sedangkan kelemahannya ada pada fungsi yang terkait yaitu belum adanya pemisahan tugas secara posisi di payroll dengan HRD. Kata kunci : Sistem Informasi akuntansi, Pengendalian Internal, Penggajian.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43215120238
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi akuntansi, Pengendalian Internal, Penggajian.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:39
Last Modified: 09 Mar 2022 06:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57604

Actions (login required)

View Item View Item