STRATEGI KOMUNIKASI CROWDFUNDING DALAM MELAKUKAN PENGGALANGAN DANA MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK KITABISA.COM

Ismarini, Bunga (2021) STRATEGI KOMUNIKASI CROWDFUNDING DALAM MELAKUKAN PENGGALANGAN DANA MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK KITABISA.COM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
02. BAB. 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (Bab 2)
03. BAB. 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (Bab 3)
04. BAB. 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (Bab 4)
05. BAB. 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text (Bab 5)
06. BAB. 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Internet telah memasuki setiap segi kehidupan manusia dan merubah cara kita berinteraksi dengan orang lain. Kini masyarakat dapat dengan mudah melakukan penggalangan dana maupun berdonasi secara online (crowdfunding). Ada banyak kelebihan donasi secara online, tetapi maraknya penipuan online membuat khalayak (calon donatur) enggan berpartisipasi dalam program ini. Salah satu crowdfunding platform di Indonesia adalah Kitabisa.com yang memanfaatkan media social facebook sebagai strategi komunikasi untuk meningkatkan kepercayaan khalayaknya. Oleh karena itu, penelitian ini membahas lebih dalam mengenai strategi komunikasi Kitabisa.com dengan menggunakan media sosial facebook sehingga kini menjadi platform crowdfunding terpopuler di Indonesia. Strategi komunikasi ini meliputi tahapan-tahapan teoritis yang mencakup penentuan tujuan komunikasi, penentuan segmentasi khalayak, metode penyampaian pesan, pemilihan media, dan peranan komunikator dengan menggunakan paradigma konstruktivis dan pendekatan analisa kualitatif deskriptif. Untuk meningkatkan partisipasi khalayak dalam penggalangan dana melalui media social Facebook, Kitabisa.com menyesuaikan media yang digunakan dengan cara mengunggah konten yang berisi storytelling dan format video dalam setiap kampanye yang akan dilakukannya di media sosial Facebook. Update campaign, laporan perkembangan dari setiap kampanye, foto-foto yang berupa bukti kegiatan juga ditampilkan dalam website secara berkala. Hal tersebut dilakukan secara konsisten untuk menjaga kualitas campaign dan mempertahankan kepercayaan serta partisipasi khalayak. Penerapan strategi media sosial Facebook Kitabisa selama ini telah dilakukan dengan cukup baik sehingga adanya meningkatkan kepercayaan publik sebagai pembentukan citra yang baik ditengah masyarakat dan sekaligus sebagai media penyebaran kampanye sosial yang sedang berlangsung di Kitabisa, Dilihat dari pertumbuhan pengikutnya, brand iamge perusahaan yang baik dan didukung dengan penghargaan-penghargaan yang didapat Kitabisa sebagai platform crowdfunding di Indonesia. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Crowdfunding, Media Sosial, Facebook Internet has become a part of human life and changed the way we interact with other people. Now people can easily do fundraising or donate online (crowdfunding). There are many advantages of donating online, but so many issue about the fraud makes the audience (potential donors) reluctant to participate in this program.One of the crowdfunding platforms in Indonesia is Kitabisa.com, which uses social media Facebook as a communication strategy to increase public trust. Therefore, this study discusses more deeply about Kitabisa.com's communication strategy by social media Facebook, One of the most popular crowdfunding in Indonesia. This communication strategy includes theoretical stages that include communication objectives, determining audience segmentation, message delivery methods, media selection, and their role using the constructivist paradigm and descriptive qualitative analysis approach. To increase audience participation in fundraising through social media Facebook, Kitabisa.com adjusts the media used by uploading content containing storytelling and video formats in every campaign that will use Facebook social media. Update campaigns, progress reports from each campaign, photos that are evidence of activities are also displayed on the site regularly. This is done consistently to maintain campaign quality and maintain public trust and participation. The implementation of the Kitabisa Facebook social media strategy so far has been carried out quite well so as to increase public trust as a form of good image in the community and at the same time as a medium for the dissemination of ongoing social campaigns in Kitabisa, Judging from the growth of followers, good company brand and supported by awards that Kitabisa received as a crowdfunding platform in Indonesia. Keywords: Communication Strategy, Crowdfunding, Social Media, Facebook

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217110200
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Crowdfunding, Media Sosial, Facebook, Communication Strategy, Crowdfunding, Social Media, Facebook
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:52
Last Modified: 07 Mar 2022 03:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57279

Actions (login required)

View Item View Item