PERENCANAAN MEDIA PROMOSI KEDAI KOPI INSAF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TAHUN 2021

ELISABETH, ELISABETH (2021) PERENCANAAN MEDIA PROMOSI KEDAI KOPI INSAF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover - Elisabeth Veronicca.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
02 Bab 1 - Elisabeth Veronicca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (Bab 2)
03 Bab 2 - Elisabeth Veronicca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (Bab 3)
04 Bab 3 - Elisabeth Veronicca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (Bab 4)
05 Bab 4 - Elisabeth Veronicca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (Bab 5)
06 Bab 5 - Elisabeth Veronicca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
08 Daftar Pustaka - Elisabeth Veronicca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (Lampiran)
09 Lampiran - Elisabeth Veronicca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Saat ini media digital adalah media yang paling populer di kalangan masyarakat dan telah memiliki pengguna yang semakin bertambah dari tahun ke tahun. Salah satu media digital yang sangat digemari adalah media sosial. Hampir seluruh masyarakat Indonesia telah menggunakan media sosial. Selain itu, saat ini media sosial tidak hanya untuk para individu karena pengusaha juga telah menggunakan media sosial sebagai salah satu media promosinya. Selain sangat efektif, media sosial bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan target yang sesuai. Salah satu usaha yang menggunakan media sosial Instagram adalah Kedai Kopi Insaf untuk mempromosikan produknya. Namun, pemilik Kedai Kopi Insaf belum memaksimalkannya. Melihat hal ini, penulis membuat perencanaan media promosi pada media sosial Instagram yang bertujuan untuk meningkatkan awareness Kedai Kopi Insaf. Berdasarkan insight dan hasil brainstorming yang dilakukan bersama tim, penulis membuat penjadwalan konten Instagram dengan konsep continuity, yaitu pola penjadwalan yang berkelanjutan dalam periode 07 Juni – 20 Juni 2021. Penulis juga menggunakan Intagram Ads dan Instagram Endorser untuk menjangkau audience yang lebih luas. Hasil dari perencanaan media yang penulis lakukan berhasil mendapatkan high engangement rate pada Instagram Kedai Kopi Insaf, terlihat dari hasil analisis media yang telah penulis lakukan, yaitu kenaikan jumlah followers baru, reach, dan impression melebihi angka indikator keberhasilan. Hal tersebut merupakan hasil meningkatnya awareness masyarakat terhadap Kedai Kopi Insaf. Kata Kunci: Instagram, Media Planner, Kedai Kopi Insaf Currently digital media is the most popular media among the public and has had more and more users from year to year. One of the most popular digital media is social media. Almost all Indonesian people have been using social media. In addition, currently social media is not only for individuals because entrepreneurs have also been using social media as one of their promotional media. Besides being very effective, social media can reach a wider market with the right target. One of the businesses that uses Instagram social media is Kedai Kopi Insaf to promote their products. However, the owner of Kedai Kopi Insaf has not maximized it. Seeing this, the author makes a media promotion plan on Instagram social media which aims to increase awareness of Kedai Kopi Insaf. Based on insights and results of brainstorming carried out with the team, the author makes Instagram content scheduling with the concept of continuity, namely a continuous scheduling pattern in the period 07 June – 20 June 2021. The author also uses Instagram Ads and Instagram Endorser to reach a wider audience. The results of the media planning that the author did managed, get a high engagement rate on Instagram Kedai Kopi Insaf, it can be seen from the results of the media analysis that the author has done, namely the increase in the number of new followers, reach, and impressions exceeding the success indicator numbers. This is the result of increasing public awareness of Kedai Kopi Insaf. Keywords: Instagram, Media Planner, Kedai Kopi Insaf

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44318120020
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media Planner, Kedai Kopi Insaf
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:21
Last Modified: 08 Mar 2022 07:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57261

Actions (login required)

View Item View Item