ANALISIS SIMPANG TIGA LENGAN TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN PADA JL. RAYA KARANG SATRIA – KABUPATEN BEKASI

ANWARDI, PUTRI OKTAVIAN (2020) ANALISIS SIMPANG TIGA LENGAN TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN PADA JL. RAYA KARANG SATRIA – KABUPATEN BEKASI. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)

Abstract

ABSTRAK Kabupaten Bekasi merupakan Kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk ± 3,500,023 Juta Jiwa (Badan Pusat Statisti, 2017). Jl. Raya Karang Satria – Kabupaten Bekasi adalah akses jalan utama menuju perbatasan kota, selain itu akses menuju lokasi perumahan, sekolah, yang membuat lalu lintas kendaran terutama pada jam-jam sibuk semakin padat dengan adanya aktivitas di samping jalan seperti naik-turun penumpang dari angkutan umum, serta kendaraan yang berhenti menyebabkan antrian kendaraan yang panjang dan dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan. Untuk mendapatkan data primer yaitu dengan cara melakukan survey volume lalu lintas, kondisi geometric dan kondisi lingkungan. Sedangkan data sekunder didapat dengan cara pencarian menggunakan media internet. Data-data Analisis yang digunakan berpedoman pada Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI 1997 ). Dengan metode ini dapat diketahui besarnya kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, serta tingkat pelayanan pada simpang tersebut. Dari hasil penelitian didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) terbesar yaitu 0,95 smp/jam artinya nilai tersebut melebihi yang diisyaratkan oleh MKJI (1997) yaitu <0,75 dari hasil tundaan simpang rata-rata (D simpang) terbesar 17 det/smp. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pelayanan simpang C yaitu arus tidak stabil karena memiliki kecepatan dan pergerakan yang terbatas maka dari itu perlu pengkajian ulang terhadap tingkat pelayanan simpang. Dan peneliti memberikan alternatif untuk meningkatkan kinerja simpang tak bersinyal tersebut dengan cara merubah FRSU dari 0,98 menjadi 1 dan melarang arus lalu lintas berbelok kanan baik dari arah jalan Mayor D ke Minor C maupun dari Minor C ke Mayor B serta menghilangkan hambatan samping. Untuk ruas jalan didapat nilai derajat kejenuhan (DS) terbesar 0,74. Hal ini menjukan bahwa tingkat pelayanan ruas tidak stabil. Sehingga dilakukan alternatif untuk meningkatkan tingkat kinerja ruas dengan cara menghilangkan faktor hambatan samping semula 0,86 menjadi 1 pada tiap lengan tersebut. Kata Kunci: Simpang Tak Bersinyal, Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. ABSTRACT Bekasi Regency is a regency in West Java Province with a population of ± 3,500,023 Million People (Statistics Indonesia, 2017). Jl. Raya Karang Satria - Bekasi Regency is access to the main road to the city border, besides that access to residential locations, schools, which makes vehicle traffic especially during rush hour more congested by the activities on the side of the road such as the ups and downs of passengers from public transportation , as well as vehicles that stop causing long vehicle queues and can reduce travel time. To get primary data that is by conducting a survey of traffic volumes, geometric conditions and environmental conditions. While secondary data obtained by searching using internet media. Analysis data used are guided by the Indonesian Road Capacity Manual Method (MKJI 1997). With this method the capacity, degree of saturation, delay, and service level at the intersection can be known. From the results of the study obtained the largest degree of saturation (DS) value of 0.95 pcu / hour means that the value exceeds that required by MKJI (1997) which is <0.75 from the result of the average intersection delay (D intersection) of the largest 17 sec / pcu . This shows that the level of intersection C service is unstable flow because it has limited speed and movement and therefore it is necessary to review the level of intersection service. And researchers provide an alternative to improve the performance of these unsignalized intersections by changing FRSU from 0.98 to 1 and prohibiting right-turn traffic from both Major D to Minor C and from Minor C to Major B and removing side obstacles. For the road section the highest degree of saturation (DS) value is obtained 0.74. This indicates that the level of service for segments is unstable. So an alternative is done to improve the level of segment performance by removing the original side obstacle factor of 0.86 to 1 on each arm. Keywords: Unsignalized Intersection, Roads, Degree of Saturation, Delays, Indonesian Road Capacity Manual 1997

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FT/SIP 20 005
NIM: 41115310036
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 22 Sep 2020 09:04
Last Modified: 22 Sep 2020 09:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57245

Actions (login required)

View Item View Item