PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PROMOSI DAN MONITORING DI MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI COVID 19 UNTUK MITRA BAKSO AHAN DI TANGERANG SELATAN SELAMA OKTOBER 2020 – MARET 2021

EMY, (2021) PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PROMOSI DAN MONITORING DI MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI COVID 19 UNTUK MITRA BAKSO AHAN DI TANGERANG SELATAN SELAMA OKTOBER 2020 – MARET 2021. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 6)
07 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Situasi pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 telah mengubah semua aspek kehidupan masyarakat. Salah satu kebiasaan baru yang diterapkan adalah masyarakat beralih dari belanja offline ke online. Hal tersebut menjadi peluang bagi UMKM Indonesia untuk lebih mengembangkan dan mempertahankan usahanya di tengah pandemi COVID- 19. Oleh karena itu, penting untuk mengenalkan dan memberikan kegiatan pendampingan tentang digital marketing kepada UMKM. Proyek TAPN ini difokuskan untuk memperkenalkan, mengadaptasi, dan mengintegrasikan penggunaan beberapa platform digital sebagai media pemasaran digital kepada mitra. Mitra yang dipilih untuk proyek TAPN ini adalah Bakso Ahan, sebuah UMKM yang berlokasi di Pasar 8 Alam Sutera, Blok RD-19, Pakulonan, Tangerang Selatan, yang menjual makanan khas Pontianak, bakso ikan, dengan bakso ikan telur asin sebagai produk utamanya. Bentuk proyek TAPN adalah pelatihan dan pendampingan tentang bagaimana mengelola pemasaran digital, menentukan anggaran promosi, menganalisis dan mengevaluasi program atau kampanye yang telah dilaksanakan untuk menetapkan strategi pemasaran digital berikutnya yang akan diterapkan. Tujuan akhir dari proyek TAPN ini adalah Bakso Ahan dapat secara mandiri mengadaptasi, mengelola, dan mengintegrasikan strategi pemasaran digital dengan berbagai platform pemasaran digital. Hasil dari proyek TAPN ini berhasil mengembangkan beberapa digital marketing tools seperti Google My Business, Online Food Delivery Services, Website dan Google Ads. Peneliti juga berhasil membuat SOP dan pedoman digital marketing untuk memastikan Bakso Ahan dapat melanjutkan strategi yang telah diterapkan selama ini. Penerapan strategi digital marketing berhasil meningkatkan pendapatan Bakso Ahan menjadi 26% dan juga meningkatkan social media engagement rate Bakso Ahan dari 1,71% menjadi 20,65% selama masa pendampingan. Berdasarkan hasil analisis Google Ads, jumlah pengunjung gerai Bakso Ahan juga meningkat sebanyak 316 konsumen, berkat penggunaan alat pemasaran mesin pencari Google Ads. Kata kunci: UMKM, COVID-19, Digital Marketing The pandemic COVID-19 situation since 2020 has been changed all aspects in people live. One of the new habit that implemented is people are moving from offline to online shopping. It become an opportunity for Indonesia MSMEs to more developing and maintain their business in the midst of COVID-19. Therefore, its important to introduces and give a mentoring activity about digital marketing to MSMEs. This TAPN project focused on introducing, adapting, and integrating the use of several digital platforms as a digital marketing media to the partner. The partner that have choosen for this TAPN project is Bakso Ahan, an MSMEs located in Pasar 8 Alam Sutera, Blok RD-19, Pakulonan, South Tangerang, that selling a Pontianak specialty food, fish ball, with salted egg fish ball as a main product. The form of the TAPN project are training and mentoring on how to manage digital marketing, determining a promotion budget, analyzing and evaluating the programs or campaigns that have been implemented to set the next digital marketing strategy to be implemented. The final goals of this TAPN project is Bakso Ahan can be independently adapting, managing, and intregrating a digital marketing strategy with various digital marketing platforms. The results from this TAPN project are successfully developed some of digital marketing tools such as Google My Business, Online Food Delivery Services, Website and Google Ads. Researcher also successfully creating a digital marketing SOPs and guidelines to ensure Bakso Ahan can continue the strategy that been implemented so far. The implementation of digital marketing strategy succeeded in increasing Bakso Ahan’s income to 26% and also increasing Bakso Ahan’s social media engagement rate from 1,71% to 20,65% during the mentoring period. Based on a Google Ads analytics result, the number of visitors to Bakso Ahan’s outlet also increased by 316 consumers, as a result of using a search engine marketing tools Google Ads. Keywords: MSMEs, COVID-19, Digital Marketing

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44317110006
Uncontrolled Keywords: MSMEs, COVID-19, Digital Marketing
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 04 Mar 2022 06:15
Last Modified: 04 Mar 2022 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57176

Actions (login required)

View Item View Item