ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL AKIBAT PENGARUH PEMBATASAN VOLUME KENDARAAN ARAH MASUK JALAN TOL PADA RUAS JALAN R.E. MARTADINATA JAKARTA UTARA

FIRMANSYAH, RISKI ARI (2019) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL AKIBAT PENGARUH PEMBATASAN VOLUME KENDARAAN ARAH MASUK JALAN TOL PADA RUAS JALAN R.E. MARTADINATA JAKARTA UTARA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Simpang empat tidak bersinyal pada ruas jalan R.E. Martadinata merupakan simpang empat yang memiliki volume kendaraan padat terutama pada jam sibuk diperburuk dengan adanya pembatasan akses masuk tol sehingga kendaraan harus melalui simpang ini untuk dapat masuk tol pada pintu masuk tol selanjutnya.Untuk mengetahui kinerja simpang dan kinerja pintu tol tersebut perlu memperhatikan kondisi sekitar simpang mulai dari geometri jalan, volume arus lalu lintas, hambatan samping dan tipe lingkungan simpang, serta kondisi di sekitar pintu masuk tol. Untuk mengetahui nilai kinerja dari simpang dan pintu masuk tol pada kondisi eksisting digunakanlah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data volume lalu lintas, geometri jalan, hambatan samping,tipe lingkungan disekitar simpang dan kondisi disekitar pintu tol yang didapat langsung dari observasi lapangan, serta data sekunder berupa jumlah penduduk kota Jakarta Utara tahun 2019. Dari hasil analisis dapat disimpulkan volume puncak kendaraan terjadi pada hari Senin 29 April 2019 pada pukul 07:30 – 08:30 WIB. Kapasitas jalan R.E. Martadinata adalah 3474,24 smp/jam, volume puncak kendaraan 3089,8 smp/jam, derajat kejenuhan 0,92 dengan tingkat pelayanan pada level E yang artinya arus tidak stabil, kadang terjadi kemacetan. Kapasitas jalan Kampung Bandan adalah 3360,61 smp/jam, volume puncak kendaraan 673,1 smp/jam, derajat kejenuhan 0,20 dengan tingkat pelayanan pada level A yang artinya arus bergerak bebas, tanpa hambatan. Kapasitas jalan Parangtritis Raya adalah 2796,88 smp/jam, volume puncak kendaraan 522,9 smp/jam, derajat kejenuhan 0,19, dengan tingkat pelayanan pada level A yang artinya arus bergerak bebas, tanpa hambatan. Berdasarkan hasil analisis kondisi eksisting simpang, kapasitas simpang tak bersinyal adalah 3475,38 smp/jam, dengan volume puncak kendaraan 5049,7 smp/jam, derajat kejenuhan 1,45, tundaan simpang 49,78, peluang antrian 88,90 – 190,44 %, dengan tingkat pelayanan simpang pada level E. Berdasarkan hasil analisis kinerja gerbang tol Ancol Barat volume puncak kendaraan terjadi pada hari Senin 29 April 2019 pada pukul 17:15 – 18:15 WIB dengan total kendaraan 619 kendaraan/jam, tingkat intensitas pelayanan (ρ) = 0,77, jumlah kendaraan rata – rata dalam antrian (q) = 4 kendaraan, jumlah kendaraan rata – rata dalam sistem (n) = 5,55 kendaraan, waktu kendaraan rata – rata dalam antrian (w) = 32,4 detik. Kata kunci : simpang tak bersinyal, simpang bersinyal, tingkat pelayanan , antrian gerbang tol, MKJI 1997

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 421
NIM/NIDN Creators: 41114110094
Uncontrolled Keywords: simpang tak bersinyal, simpang bersinyal, tingkat pelayanan, antrian gerbang tol, MKJI 1997
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.1 Personal Improvement and Analysis/Perbaikan Pribadi, Penghidupan yang Sukses > 158.12 Personal Improvement and Analysis Through Meditation/Perbaikan Pribadi dan Analisis Melalui Meditasi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 04 Mar 2022 04:02
Last Modified: 19 May 2023 07:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57169

Actions (login required)

View Item View Item