PERBAIKAN STRATEGI PROMOSI KEDAI KOPI INSAF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TAHUN 2021

PERMANA, NURMALA SARI (2021) PERBAIKAN STRATEGI PROMOSI KEDAI KOPI INSAF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
1) COVER.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02) BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text (BAB 2)
03) BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
04) BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB 4)
05) BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
06) BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07) DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08) LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)

Abstract

Perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia semakin pesat dan berkembang. Oleh sebab itu, strategi promosi merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha, karena persaingan sebuah produk dan jasa bergantung pada strategi promosinya. Dengan pembuatan strategi promosi melalui perancangan kreatifitas dan pemilihan media yang tepat dapat membawa produk mencapai tujuan promosi. Kini media digital merupakan media yang paling banyak digunakan, dan media digital yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu media sosial. Bahkan kini media sosial telah menjadi media untuk mempromosikan produk atau jasa. Salah satu usaha yang melakukan promosi di media sosial khususnya di Instagram yaitu Kedai Kopi Insaf. Namun, pemilik memaparkan bahwa kegiatan promosi di akun Instagram Kedai Kopi Insaf masih belum optimal. Melihat permasalahan yang dialami oleh pemilik, maka penulis membuat perbaikan strategi promosi pada media sosial Instagram dengan tujuan untuk meningkatkan awareness dari Kedai Kopi Insaf. Dalam perbaikan strategi promosi ini penulis membuat big idea, konsep promosi, strategi promosi, dan content planning. Dan berdasarkan hasil diskusi dengan tim dan pemilik Kedai Kopi Insaf, pelaksanaan periode promosi berlangsung pada 7 Juni 2021 s.d. 20 Juni 2021 di Instagram dengan menggunakan organic post, Instagram Ads, dan bekerjasama dengan endorser. Hasil dari perbaikan startegi promosi yang penulis lakukan telah berhasil, hal tersebut ditunjukan dari tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu kenaikan jumlah followers, reach, impression, engagement, dan komentar positif di akun Instagram Kedai Kopi Insaf. Dari keberhasilan tersebut menunjukan bahwa awareness dari Kedai Kopi Insaf telah meningkat setelah dilakukan perbaikan strategi promosi.==== MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia are growing. Therefore, promotion is the most important thing that needs to be done by business owners, because the competition for a product and service depends on its promotion strategy. By making promotional strategies through creative design and selecting the right media, we can bring products or services to achieve the promotional goals. Digital media is the most widely used media and digital media that is often used by Indonesian is social media. And now social media has become a medium to promote products or services. Kedai Kopi Insaf is one of the brands that promoted on social media, especially on Instagram. However, the owner explained that promotional activities on the Insaf Coffee Shop Instagram account were still not optimal. Based on these problems, the authors made improvements to the promotion strategy on social media on Instagram to increase awareness of Kedai Kopi Insaf. The author makes big ideas, promotion concepts, promotional strategies, and content planning in this promotion strategy development. And based on the results of discussions with the team and the owner of Kedai Kopi Insaf, the promotion period will be held on June 7th until June 20th, 2021 on Instagram by using organic posts, Instagram Ads, and in collaboration with endorsers. The promotion strategy has been successful according to the achievement of KPIs, there is an increase in the number of followers, reach, impressions, engagement, and positive comments on the Instagram account of Kedai Kopi Insaf. This success shows that the awareness of the Kedai Kopi Insaf has increased because of the promotion strategy.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44318120025
Uncontrolled Keywords: Instagram, Strategic Planner, Kedai Kopi Insaf, Promosi, Instagram, Strategic Planner, Kedai Kopi Insaf, Promotion
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:17
Last Modified: 24 Feb 2022 07:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56772

Actions (login required)

View Item View Item