STUDI PERANCANGAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA AREA PUBLIK PADA LEVEL PLATFORM STASIUN SENAYAN – MRT JAKARTA MENGGUNAKAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI)

IRFANI, BURHAN BAYU (2020) STUDI PERANCANGAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA AREA PUBLIK PADA LEVEL PLATFORM STASIUN SENAYAN – MRT JAKARTA MENGGUNAKAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover Depan.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Penghargaan.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7. Daftar Isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
9. Daftar Tabel.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR SIMBOL)
10. Daftar Simbol.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Air quality in a room greatly affects the comfort of the room, especially in underground buildings such as the Senayan - MRT Jakarta station. The application of the MLITT-J standard to OSD documents for air conditioning systems can be categorized as very conservative. Whereas in SNI it is stated that it is necessary to avoid calculation of the cooling load with too high a safety factor. And for that reason, it is necessary to make further research what differences arise from the application of SNI in the design of the Jakarja MRT station. The public area at the platform level was chosen as a case study because in this area passengers are waiting for transit between stations. To be able to compare the design of the cooling load, it is necessary to recalculate the cooling load by applying the parameters of SNI. The calculation of this air conditioning load will then be a reference in determining the capacity of the Air Handling Unit (AHU). This air conditioning system design method refers to SNI 03-6572-2001 and SNI 03-6390-2011 using manual calculations. Calculation of cooling load consists of internal load, infiltration load, and ventilation load. After getting the value of the cooling load in the public area next is to determine the capacity and specifications of the AHU. The calculation results obtained a total cooling load of 291.95 kW, consisting of an internal load of 121.35 kW, an ventilation load of 19.06 kW, an infiltration load of 96.22 kW and a load from heat loss from the building of 55.32 kW. By adding a safety factor of 20%, each AHU unit has a capacity of 175.17 kW with a supply air flow of 4.696 m3 /s. By comparing existing designs, it can be concluded that the application of SNI has a potential savings of 35%, this saving potential is mostly obtained from internal loads by optimizing the assumption of the number of passengers and calculating the amount of loading of electrical equipment in more detail. Keywords: Jakarta MRT, SNI, Air Conditioning, Underground Station Kualitas udara dalam suatu ruangan sangat mempengaruhi kenyamanan pada ruangan tersebut, terlebih pada bangunan bawah tanah seperti stasiun Senayan - MRT Jakarta. Penerapan standar MLITT-J pada dokumen OSD untuk sistem pengkondisian udara bisa dikategorikan sangat konservatif. Sedangkan dalam SNI menyebutkan perlunya dihindari perhitungan beban pendinginan dengan faktor keamanan terlalu tinggi. Dan untuk itu perlu dilakukan peneliti lebih lanjut perbedaan apa saja yang ditimbulkan dari penerapan SNI pada perancangan stasiun MRT Jakarja. Area publik pada level platform dipilih sebagai studi kasus karena di area ini penumpang menunggu untuk transit antar stasiun. Untuk dapat membandingkan desain beban pendinginan maka perlu dilakukan perhitungan ulang beban pendinginan dengan penerapan parameter dari SNI. Perhitungan dari beban pengkondisian udara ini selanjutnya akan menjadi acuan dalam menentukan kapasitas dari Air Handling Unit (AHU). Metode perancangan sistem pengkondisian udara ini mengacu pada SNI 03-6572-2001 dan SNI 03-6390-2011 dengan menggunakan perhitungan manual. Perhitungan beban pendinginan terdiri dari beban internal, beban infiltrasi, dan beban ventilasi. Setelah mendapatkan nilai beban pendinginan di area publik selanjutnya adalah menentukan kapasitas dan spesifikasi dari AHU. Dari hasil perhitungan didapatkan total beban pendinginan sebesar 291.95 kW, yang terdiri dari beban internal sebesar 121.35 kW, beban dari ventilasi sebesar 19.06 kW, beban infiltrasi sebesar 96.22 kW dan beban dari kehilangan panas dari bangunan sebesar 55.32 kW. Dengan menambahkan faktor keamanan sebesar 20% didapat masing – masing unit AHU memiliki kapasitas 175.17 kW dengan aliran supply air sebesar 4.696 m3 /s. Dengan membandingkan desain yang sudah ada maka dapat diambil kesimpulan penerapan SNI memiliki potensi penghematan 35%, potensi penghematan ini sebagian besar diperoleh dari beban internal dengan mengoptimasi asumsi jumlah penumpang dan perhitungan jumlah pembebanan peralatan elektrikal yang lebih detail. Kata kunci : MRT Jakarta, SNI, Pengkondisian Udara, Stasiun Bawah Tanah

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 20 181
NIM/NIDN Creators: 41315110088
Uncontrolled Keywords: MRT Jakarta, SNI, Pengkondisian Udara, Stasiun Bawah Tanah
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.4 System Programming and Programs/Sistem Pemrograman dan Program > 005.43 Operating System/Sistem Operasi > 005.432 Specific Operating Systems/Sistem Operasi Tertentu
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.7 Air Transportation, Airlines/Transportasi Udara
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi > 711.75 Railroad Transportation Facilities/Fasilitas Transportasi Kereta Api
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:27
Last Modified: 22 Jun 2023 03:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56632

Actions (login required)

View Item View Item