Strategi Komunikasi Kandidat No.1 Pada Pemilihan Kepala Desa Gintung Cilejet kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor 2019 Dalam Usaha Memenangkan Suara

Triastuti, Firdayanti Anjas (2020) Strategi Komunikasi Kandidat No.1 Pada Pemilihan Kepala Desa Gintung Cilejet kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor 2019 Dalam Usaha Memenangkan Suara. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_LEMBAR PERNYATAAN MAHASISWA_BLM DICONVER.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_DAFTAR TABEL.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
10_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
11_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
12_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
13_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
14_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
15_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
16_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kandidat No.1 pada pemilihan Kepala Desa Gintung Cilejet Kecamatan parung Panjang Kabupaten Bogor dan menjelaskan tentang apa yang dilakukan untuk mendapatkan simpati dalam rangka memenangkan suara pada pilkades tahun 2019. Penelitian ini menggunakan teori komponen komponen dalam menyusun strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy yaitu; mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, tujuan pesan komunikasi dan peranan komunikator dalam komunikasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara narasumber utama yaitu Bapak Sukanta Wijaya selaku kandidat No.1, Bapak Abuy selaku tim sukses serta 3 orang warga Desa Gintung Cilejet. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa, strategi komunikasi yang digunakan oleh Kandidat No.1 yaitu dengan menggunakan Bahasa sehari hari yang dapat dengan mudah dimengerti oleh seluruh kalangan warga baik dari segi umur, latar belakang Pendidikan maupun pekerjaan. Pemilihan media komunikasi seperti baliho, spanduk dan poster serta forum atau kegiatan warga menjadi media yang tepat untuk menyampaikan apa yang menjadi tujuan dari Kandidat No.1. Serta kelancaran komunikasi juga didukung oleh daya Tarik dan kredibilitas dari Kandidat No.1 itu sendiri. Kata Kunci : Kepala Desa, Pilkades, Strategi Komunikasi, Desa Gintung Cilejet ABSTRACT This research aims to determine the communication strategy carried out by Candidate No. 1 in the election of the Gintung Cilejet Village Head, Parung Panjang, Bogor and explains what was done to gain sympathy in order to win votes in the 2019 elections. This research uses component theory in composing the communication strategy proposed by Onong Uchjana Effendy; recognize the communication goals, the choice of communication media, the purpose of communication messages and the role of communicators in communication. This type of research is qualitative. The method used is descriptive qualitative data collection techniques through observation and interviews with the main sources namely Mr. Sukanta Wijaya as candidate No.1, Mr. Abuy as the success team and 3 residents of Gintung Cilejet Village. Based on the results of the study showed that, the communication strategy used by Candidate No. 1 is to use daily language that can be easily understood by all members of society both in terms of age, educational background and occupation. The selection of communication media such as billboards, banners and posters, as well as forums or activities of the citizens are the right media to convey the objectives of Candidate No.1. And the smooth communication is also supported by the attractiveness and credibility of Candidate No.1 itself. Keywords: Village Head, Pilkades, Communication Strategy, Gintung Cilejet Village

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FK/PR 20 030
NIM: 44217310002
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepala Desa, Pilkades, Strategi Komunikasi, Desa Gintung Cilejet
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 06 Aug 2020 07:51
Last Modified: 06 Aug 2020 07:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56631

Actions (login required)

View Item View Item