STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI DALAM MENYOSIALISASIKAN KAMPANYE “GEMPUR ROKOK ILEGAL” DI INDONESIA TAHUN 2019 (Studi Kasus pada Kampanye “Gempur Rokok Ilegal” di DKI Jakarta)

Akbar, Muhammad Fadzar (2020) STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI DALAM MENYOSIALISASIKAN KAMPANYE “GEMPUR ROKOK ILEGAL” DI INDONESIA TAHUN 2019 (Studi Kasus pada Kampanye “Gempur Rokok Ilegal” di DKI Jakarta). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. LEMBAR LULUS SIDANG.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. DAFTAR TABEL.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
12. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
17. DAFPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Konsumsi rokok di Indonesia seolah tidak dapat terlepas dari kehidupan metropolitan, seakan rokok dijadikan “pelarian” sementara di tengah hiruk-pikuk nya Jakarta, dan dinikmati mulai dari anak muda hingga orang tua, laki-laki maupun perempuan. Pada tahun 2018, Bea Cukai membentuk kampanye “Stop Rokok Ilegal” dan berhasil menurunkan peredaran rokok ilegal dari 12% ke 7%. Tahun 2019 ini, kampanye tersebut berganti nama menjadi “Gempur Rokok Ilegal” yang diharapkan dapat menambah semangat Bea Cukai untuk dapat mengurangi peredaran rokok ilegal lebih jauh lagi. Cutlip & Center, mengemukakan teori proses kegiatan Humas yang terdiri dari 4 komponen yaitu, Fact Finding, Planning and Organizing, Actuating and Communicating, and Evaluating. Teori ini dipakai dalam banyak kegiatan kehumasan, salah satunya pada kampanye. Tipe penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana metode pengambilan datanya adalah dengan wawancara mendalam pada narasumber internal Bea Cukai dan eksternal Bea Cukai. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa kampanye “Gempur Rokok Ilegal” sudah memenuhi 4 komponen dalam pelaksanaannya, Fact Finding, Planning and Organizing, Actuating and Communicating, dan Evaluating, yang ditandai dengan pernyataan internal dan eksternal Bea Cukai dimana semua pernyataan tersebut sesuai dengan teori tersebut serta fakta yang terjadi di lapangan. Kata Kunci: Kampanye, rokok ilegal, peredaran rokok ilegal, “Gempur Rokok Ilegal”, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ABSTRACT Cigarette’s consumption in Indonesia can’t be detached with metropolitan life, it’s like cigarette’s has been a temporary “escape” in the middle of Jakarta’s uproar, and consumed by every age and every gender. In 2018, Bea Cukai formed “Stop Rokok Ilegal” campaign, and succeed to reduce illegal cigarette’s cycle from 12% to 7%. In 2019, the campaign has changed its name to “Gempur Rokok Ilegal” with an expectation to motivating themselves to reduce illegal cigarette’s cycle even further. Cutlip & Center, expressed a theory of the process of a Public Relations activity which stands by 4 components which are Fact Finding, Planning and Organizing, Actuating and Communicating, and Evaluating. This theory has been used in many Public Relations activities including campaign. The type of the research is a descriptive type with qualitative approach, whereas the data retrievals are gained by in-depth interview to 3 Bea Cukai internal’s and 2 targets of the campaign. The results of this research showed that this campaign has fulfill the 4 components of the theory, Fact Finding, Planning and Organizing, Actuating and Organizing, and Evaluating, that marked by the compatibility of the interviewees statement and the fact that is in the field. Keyword: Campaign, illegal cigarette, illegal cigarette’s cycle, “Gempur Rokok Ilegal”, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FK/PR 20 028
NIM: 44216210036
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kampanye, rokok ilegal, peredaran rokok ilegal, “Gempur Rokok Ilegal”, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 04 Aug 2020 05:13
Last Modified: 04 Aug 2020 05:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56602

Actions (login required)

View Item View Item