SUPRIYANTO, TULUS (2020) ANALISIS GETARAN MESIN 1300 CC DENGAN 2 TIPE BUSI YANG BERBEDA PADA KONDISI PUTARAN 1500 RPM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Sampul.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
06. Abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Lembar Pernyataan.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Halaman Pengesahan.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
08. Daftar Isi.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
10. Daftar Tabel.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
09. Daftar Gambar.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text (LAMPIRAN A)
17. Lampiran A. Gambar Karakteristik Getaran.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (LAMPIRAN B)
18. Lampiran B. Tabel.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text (LAMPIRAN C)
19. Lampiran C. Photo Pengujian Alat Uji Prestasi.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
Abstract
Gasoline engines use the principle of spark-ignition (combustion that is triggered by sparks on spark plugs). The source of vibration in the engine is the pressure on combustion, shock (shock) the combustion pressure is the main source of excitation that causes mechanical vibrations in the engine structure. The higher the rate of pressure change, the greater the effect on the engine structure. In connection with spark plugs and vibrations in motor vehicle engines, the research conducted is obtaining the vibration characteristics of the 1300 CC engine using standard DENSO K20PR-U11 spark plugs and iridium spark plugs DENSO IRIDIUM POWER K20 with the title "1300 CC Engine Vibration Analysis with 2 different spark plug types at 1500 rpm rotation conditions ". The purpose of this study was to analyze the vibration characteristics of the use of standard spark plugs and the vibration characteristics of the use of iridium spark plugs. In this study, the method used was an experiment which was further analyzed. The testing material of this research is to use a performance test tool with a 1300 CC engine. The results of this study indicate that at 1500 RPM engine speed, the vibration characteristics using iridium spark plugs appear to be greater than the vibration characteristics using standard spark plugs. The comparison values obtained on the channel 2 (combustion process) sensor using the standard Denso K20PR-U11 spark plugs is 3.65 mm / s (RMS) and channel 2 vibration value (combustion process) using the iridium spark plug Denso IRIDIUM POWER K20 is 6.33 mm / s (RMS). Based on the data analysis, the conclusion is that iridium spark plugs is not recommended for use on the 1300 CC engine. KEYWORD: Use of Standard Spark Plugs, Use of Iridium Spark Plugs, Engine Vibration Characteristic. Mesin bensin menggunakan prinsip spark-ignition (pembakaran yang dipicu oleh percikan api pada busi). Sumber getaran pada mesin adalah terjadi tekanan pada pembakaran, shock (kejutan) tekanan pembakaran adalah sumber eksitasi utama yang menyebabkan getaran mekanis struktur dalam sebuah mesin. Semakin tinggi tingkat perubahan tekanan, semakin besar pengaruhnya pada mesin struktur. Berkaitan dengan busi dan getaran pada mesin kendaraan bermotor, penelitian yang dilakukan adalah medapatkan karakteristik getaran pada mesin 1300 CC dengan menggunakan busi standar DENSO K20PR-U11 dan busi iridium DENSO IRIDIUM POWER K20 dengan judul “Analisis Getaran Mesin 1300 CC dengan 2 Tipe busi yang berbeda pada kondisi putaran 1500 RPM”. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik getaran penggunaan busi standar dan karakteristik getaran penggunaan busi iridium. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah eksperimen yang selanjutnya dianalisis. Adapun bahan pengujian dari penelitian ini adalah menggunakan alat uji prestasi dengan mesin 1300 CC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada putaran mesin 1500 RPM, karakteristik getaran dengan menggunakan busi iridium terlihat lebih besar dibandingkan karkateristik getaran dengan menggunakan busi standar. Nilai perbandingan yang didapat pada sensor channel 2 (proses Pembakaran) menggunakan busi standar Denso K20PR-U11 adalah; 3,65 mm/s (RMS) dan nilai getaran channel 2 (proses pembakaran) menggunakan busi iridium Denso IRIDIUM POWER K20 adalah 6,33 mm/s (RMS). Berdasarkan Analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa bahwa busi iridium tidak dianjurkan penggunaannya pada mesin 1300 CC. Kata Kunci: Penggunaan Busi Standar, Penggunaan Busi Iridium, Karakteristik Getaran Mesin.
Actions (login required)
View Item |