STRATEGI RE-BRANDING DIRI MANTAN PENGGUNA NARKOBA (Studi Fenomenologi Mantan Pengguna Narkoba Kaula Muda Di Depok, Jakarta Timur Dan Bekasi)

SAPUTRA, WINDI WIJAYA (2020) STRATEGI RE-BRANDING DIRI MANTAN PENGGUNA NARKOBA (Studi Fenomenologi Mantan Pengguna Narkoba Kaula Muda Di Depok, Jakarta Timur Dan Bekasi). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. LEMBAR TANDA LULUS SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
09. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Re-branding yang dilakukan oleh mantan pengguna narkoba kaula muda di depok Jakarta Timur dan Bekasi adalah menggunakan Teori impression management dan juga Teori Pemulihan Citra (Image Restoration Teory ) untuk merubah stigma negative di masyarakat menjadi positif dan juga kembali di terima di masyarakat dan lingkungannya . Untuk memberi konstribusi dalam menyusun Teori ada Lima strategi langkah yang dilakukan mantan pengguna narkoba dikalangn kaula muda untuk me-rebranding dirinya pada konsep yang diterapkan oleh William L Benoit & Erving Goffman yaitu pertama adalah strategi denial, kedua adalah strategi evading of responsibility, ketiga adalah strategi Corrective action yaitu mengakui kesalahan, dan dengan jelas meminta pengampunan atas tindakan yang dilakukan. Srategi “penyiksaan diri” ini oleh Benoit, yang keempat adalah strategi ingradtion dan yang kelima adalah strategi exemplification . Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan tipe penelitian deksriptif. Metode Kualitatif yang digunakan ialah gambaran atau deskripsi tentang variabel dari sebuah fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui data primer wawancara mendalam dan observasi, dan data sekunder dokumentasi . Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil penelitian ini membahas mengenai STRATEGI RE-BRANDING DIRI MANTAN PENGGUNA NARKOBA (Studi Kasus Mantan Pengguna Narkoba Kaula Muda Di Depok ,Jakarta Timur Dan Depok ), seperti identifikasi masalah yang dilakukan, tujuan membangun citra, perencanaan strategi humas, penentuan sasaran, pemilihan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di ketahui strategi Rebranding yang dilakukan dengan strategi pendekanta terhadap khalayak yang dituju untuk membentuk opini public yang bertujun untuk mempengaruhi pandangan khalayak atau stigma khalayak yang awalnya mengangap negative menjadi possitifdan kembali di terima di lingkungannya kembali serta menjadikan atau membentuk citra yang positif di lingkungannya . Kata Kunci : Strategi komunikasi ,Re-branding, Citra, Mantan Pengguna kaula muda ABSTRACT The strategy of re-branding carried out by former young drug users in East Jakarta and Bekasi depok is to use the impression management theory and also the Image Restoration Theory to change the negative stigma in the community to be positive and also be re-accepted in the community and its environment . To contribute in composing the theory there are five step strategies taken by former drug users in young people to rebranding themselves to the concepts applied by William L. Benoit & Erving Goffman, namely the first is a denial strategy, the second is an evading of responsibility strategy, the third is a strategy Corrective action is to admit mistakes, and clearly ask for forgiveness for actions taken. This strategy of "self-torture" by Benoit, the fourth is the ingradtion strategy and the fifth is the exemplification strategy. This research uses constructivism paradigm with descriptive research type. Qualitative method used is a description or description of the variables of a phenomenon under study. Data collection techniques in this study were obtained through primary data in-depth interviews and observations, and secondary data documentation The data validity checking technique used is triangulation. The results of this study discuss the RE-BRANDING STRATEGY OF SELF-EXPERIENCES OF DRUG USERS (Case Study of Former Young Drug Users in Depok, East Jakarta and Depok), such as identification of the problems carried out, the purpose of building an image, planning public relations strategies, targeting, selection. Based on the results of this study, it can be seen that the Re-branding strategy is carried out with a short-tailed strategy towards the intended audience to form public opinion that aims to influence the view of the public or the stigma of the audience who initially thought negatively to be possitive and re-accepted in their surroundings and made or formed an image positive in the environment. Keywords: Communication strategy, Re-branding, Image, Former user of young people

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FK/PR 20 006
NIM: 44215210019
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi komunikasi ,Re-branding, Citra, Mantan Pengguna kaula muda
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 29 Jul 2020 08:20
Last Modified: 29 Jul 2020 08:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56527

Actions (login required)

View Item View Item