ALBERT, ALBERT (2021) IMPLIKASI PENDIDIKAN PAJAK SEJAK DINI DAN PEMAHAMAN TENTANG PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KETAATAN PAJAK PADA SUBJEK PAJAK ORANG PRIBADI (Survei pada Siswa-Siswi SMP dan SMA/SMK di Provinsi DKI Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Cover Tesis R-1.pdf Download (663kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I Final.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II Final.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III Final.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV Final.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V Final.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Final.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran Tesis R-1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
This research aims to obtain empirical evidence about the implication of early tax education and the understanding of tax knowledge toward the changes in future taxpayers’ compliance behavior. The study was conducted on junior and senior high school students in DKI Jakarta Province by using a quantitative method with a survey approach. The questionnaire was distributed to 719 students as respondents, which were divided into two groups, namely, those who received tax learning at school and those who did not. The sample was purposively selected, and data were analyzed using multiple linear regression and then strengthened using the two independent sample t-test to compare the degree of changes in taxpayer’s compliance behavior in the two groups. The results revealed that, in those who had received tax learning, early tax education and understanding of tax knowledge have positive significant implications on the changes in taxpayer’s compliance behavior in the future. This study reports preliminary findings in the field of tax education, which is rarely researched, and can be developed by other future researchers. Keyword : Early Tax Education, Tax Knowledge, Changes in Taxpayer’s Compliance Behavior Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang implikasi pendidikan pajak sejak dini dan pemahaman tentang pengetahuan perpajakan terhadap perubahan perilaku kepatuhan wajib pajak di masa depan. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP dan SMA di Provinsi DKI Jakarta, dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Kuesioner dibagikan kepada 719 siswa sebagai responden yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang mendapatkan pembelajaran pajak di sekolah dan kelompok yang tidak mendapatkan pembelajaran pajak di sekolah. Sampel dipilih secara purposif, dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda, kemudian diperkuat dengan menggunakan uji dua sampel independen untuk membandingkan derajat perubahan perilaku kepatuhan wajib pajak pada kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa yang mendapatkan pembelajaran perpajakan, pendidikan pajak sejak dini dan pemahaman tentang pengetahuan perpajakan memiliki implikasi positif yang signifikan terhadap perubahan perilaku kepatuhan wajib pajak dimasa mendatang. Studi ini merupakan temuan awal di bidang pendidikan perpajakan yang jarang diteliti, dan dapat dikembangkan oleh peneliti lain di masa mendatang. Kata kunci : Pendidikan pajak sejak dini, Pengetahuan Perpajakan, Perubahan perilaku ketaatan pajak
Actions (login required)
View Item |