PREDIKSI PENJUALAN FURNITURE MENGGUNAKAN METODE C4.5 DAN METODE RFM (Studi Kasus : Borobudur Furniture)

BUDI, IFAN NUGROHO (2020) PREDIKSI PENJUALAN FURNITURE MENGGUNAKAN METODE C4.5 DAN METODE RFM (Studi Kasus : Borobudur Furniture). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01] COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04] ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02] LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03] LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05] KATA PENGANTAR.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06] DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07] DAFTAR TABEL.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08] DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09] DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10] BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB II)
11] BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB III)
12] BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (BAB IV)
13] BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB V)
14] BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text (BAB VI)
15] BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16] DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17] LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Borobudur Furniture is furniture production, sales and supplier company. Judging from a large number of customer requests for furniture and there is no specific method used for forecasting future sales, Borobudur Furniture also has no specific method used to provide based on customer loyalty. Therefore we need a special method used to predict the sales of furniture that are most in demand by customers and also special methods for analyzing segmenting customers based on customer loyalty. The method used to predict sales is by the method C4.5, while the method used to analyze and segment customer is the RFM method. Related to the objectives to be learned from this study is to study the most preferred furniture sales by customers and analyze customer segments based on the level of customer loyalty, discussing to make it easier for companies to determine future business strategies and provide services according to the customer category. Through the process of data mining with method C4.5, it was found that the 5 items most in demand by customers were wardrobe, office chair, tv buffet, guest table, and sofa set. While through the RFM analysis process that has been carried out, there are 4 categories of customers with different types of services to be provided from each category. Key words: C4.5, Customer Segmentation, Decision Tree, RFM, Sales Prediction. Borobudur Furniture adalah perusahaan produksi, penjualan, dan supplier furniture. Dilihat dari banyaknya permintaan pelanggan akan furniture dan belum adanya metode khusus yang digunakan untuk prediksi penjualan kedepannya Borobudur Furniture juga belum memeiliki metode khusus yang digunakan untuk memberikan penilaian berdasarkan loyalitas pelanggan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah metode khusus yang digunakan untuk memprediksi penjualan furniture yang paling diminati oleh pelanggan dan juga metode khusus untuk analisa segmentasi pelanggan berdasarkan loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan untuk prediksi penjualan adalah dengan metode C4.5, sedangkan metode yang digunakan untuk analisa dan segmentasi pelanggan adalah metode RFM. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penjualan furniture yang paling banyak diminati oleh pelanggan dan menganalisa segmentasi setiap pelanggan berdasarkan tingkat loyalitas pelanggan tersebut, tujuannya untuk mempermudah pihak perusahaan dalam menentukan strategi bisnis kedepannya dan memberikan layanan-layanan berdasarkan dengan kategori pelanggan. Melalui proses data mining dengan metode C4.5 didapatkan bahwa 5 barang yang paling diminati oleh pelanggan adalah lemari pakaian, kursi kantor, buffet tv, meja tamu, dan sofa set. Sedangkan melalui proses analisa RFM yang telah dilakukan didapatkan bahwa 4 kategori pelanggan dengan jenis layanan yang akan diberikan berbeda dari tiap kategori. Kata kunci: C4.5, Pohon Keputusan, Prediksi Penjualan, RFM, Segmentasi Pelanggan.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 41815110035
Uncontrolled Keywords: C4.5, Pohon Keputusan, Prediksi Penjualan, RFM, Segmentasi Pelanggan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.4 Islamic law/Hukum Islam > 297.43 Muamalat/Muamalat > 297.431 Buy Sell/Jual Beli
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:08
Last Modified: 02 Jul 2020 05:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56151

Actions (login required)

View Item View Item