ARISKA, PUTRI (2019) MITOLOGI SELEBGRAM DALAM IKLAN JADI TERKENAL DIMULAI DARI TOKOPEDIA (Analisis Semiotika Rholand Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
Cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
Abstract
Selebgram merupakan terminologi yang mengacu pada sosok yang terkenal di media sosial Instagram, di mana seleb mengacu pada arti sebritas yang berarti orang yang dikenal publik di media sosial Instagram. Iklan Jadi Terkenal Dimulai dari Tokopedia menceritakan remaja perempuan yang memiliki keinginan untuk menjadi popular di Instagram. . Perbedaan budaya dalam pandangan semiotika sangat penting dalam melihat dan menganalisa mitologi pada tanda-tanda yang hadir dalam berbagai objek mengingat budaya merupakan sistem dalam masyarakat yang memberikan kesepakatan akan adanya upaya bersama dalam menyepakati makna atas tanda yang ada, oleh sebab itu penelitian ini akan memperlihatkan cara peneliti menganalisa mitologi selebgram Pengertian mitologi menurut Barthes tidaklah menunjuk pada mitologi dalam pengertian kaku seperti cerita-cerita tradisional, legenda, dan hal sejenisnya saja, melainkan sebuah cara pemaknaan yang dalam bahasa Barthes merujuk pada esensi makna sebagaimana diungkap Barthes bahwa, pada dasarnya semua hal dapat menjadi mitos; satu mitos timbul untuk sementara waktu dan tenggelam untuk waktu yang lain karena digantikan oleh pelbagai mitos lain. Mitos menjadi pegangan atas tanda-tanda yang hadir dan menciptakan fungsinya sebagai penanda pada tingkatan yang lain. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode semiotika yang dapat menjadi sarana dalam memahami tanda-tanda dalam iklan Jadi Terkenal Dimulai dari Tokopedia untuk mengukap mitologi selebgram. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu studi dokumentasi dan data sekunder yaitu studi kepustakaan. Bedasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa selebgram dalam iklan Jadi Terkenal Dimulai dari Tokopedia menunjukan bahwa selebgram memberikan standarisasi kecantikan fisik, identik dengan nilai-nilai hedonism, sifat narcissistic (narsis), popular sampai pada akhirnya digemari followersnya. Kata Kunci: Selebgram, Instagram, Mitologi, Tokopedia
Actions (login required)
View Item |