ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DAN PENANGANAN DENGAN METODE AEK DAN BKA (STUDI KASUS JALAN KH NOER ALI)

RIFSANJANI, AZHAN (2020) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DAN PENANGANAN DENGAN METODE AEK DAN BKA (STUDI KASUS JALAN KH NOER ALI). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
01 COVER TA AZHAN.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB III.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 LAMPIRAN.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul: ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DAN PENANGANAN DENGAN METODE AEK DAN BKA (STUDI KASUS JALAN KH NOER ALI) Nama: Azhan Rifsanjani, NIM: 41117320046, Dosen Pembimbing: Widodo Budi Dermawan, ST, M.Sc, Tahun: 2019. Tingkat mobilisasi yang cukup besar pada jalan tersebut juga disebabkan banyaknya penduduk yang bertempat tinggal di Bekasi namun bekerja di Jakarta. Kondisi tersebut tidak diimbangi dengan prasarana dan sarana jalan serta transportasi publik yang memadai. Hal ini dapat dilihat dari kondisi jalan yang berlubang akibat alat berat dan pengerjaan konstruksi, serta cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, percabangan jalan langsung dari jalan local maupun jalan nasional sehingga menyebabkan titik – titik konflik dan meningkatnya volume kendaraan dan di dominasi oleh kendaraan pribadi dan angkutan barang mengakibatkan potensi terjadinya kecelakaan yang terjadi baik dari pengemudi ataupun pejalan kaki. Dominasi untuk laka di Kota Bekasi sendiri yakni kendaraan roda dua dengan kecenderungan factor pengemudi cukup tinggi. Data Sekunder kecelakaan lalu lintas JL KH Noer Ali tahun 2015 – 2018 diperoleh dari Laka Lantas Polrest Kota Bekasi. Berdasarkan data tersebut, dihitung angka kecelakaan dengan metode AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) dan dianalisa untuk mendapatkan daerah rawan kecelakaan dengan metode BKA (Batas Kontrol Atas). Data Primer diperoleh dari hasil pengamatan dan survey dengan form checklist dan indikator keselamatan untuk mendapatkan upaya dan penanganan kecelakaan. Berdasarkan hasil analisis lokasi rawan kecelakaan di Ruas Jalan KH Noer Ali tahun 2015 -2018 didapatkan Jalan KH Noer Ali merupakan jalan rawan kecelakaan karena setiap segmen jalan tersebut memiliki nilai AEK > BKA. Adapun titik koordinat lokasi yang mempunyai nilai tertinggi rawan kecelakaan yaitu pada segemen ke – 3 dengan titik koordinat 62.492.494 - 62.476.597) dengan nilai AEK sebesar 228 yang menyebabkan jumlah kecelakaan sebanyak 27 kecelakaan, korban meninggal 8 orang, luka berat 2 orang, luka ringan 29 orang, kerugian benda 39 orang serta kerugian materil sebesar Rp 33.850.000. Dengan factor dominan penyebab kecelakaan yaitu factor pengemudi sebesar 78%, jenis kendaraan sepeda motor sebesar 57% dan tipe kecelakaan samping – samping sebesar 45%. Kata kunci: Jalan, Kecelakaan Lalu Lintas, Daerah Rawan Kecelakaan, Penanganan. ABSTRACT Title: ANALYSIS OF TRAFFIC ACCIDENTS AND HANDLING WITH AEK AND BKA METHODS (CASE STUDY OF JALAN KH NOER ALI) Name: Azhan Rifsanjani, NIM: 41117320046, Supervisor: Widodo Budi Dermawan, ST, M.Sc, Year: 2019. The high level of mobilization on the road is also due to the large number of residents who live in Bekasi but work in Jakarta. This condition is not balanced with adequate infrastructure and facilities of roads and public transportation. This can be seen from the condition of the potholes caused by heavy equipment and construction works, as well as extreme weather that occurred lately, the branching of the road directly from local roads and national roads, causing points of conflict and increasing vehicle volume and is dominated by private vehicles and transportation of goods results in the potential for accidents occurring both from the driver or pedestrians. The dominance of laka in the city of Bekasi itself is two-wheeled vehicles with a tendency of driver factors is quite high. Secondary data on the traffic accident JL KH Noer Ali in 2015 - 2018 were obtained from Laka Lantas Polrest in Bekasi City. Based on these data, the accident rate calculated using the AEK (Accident Equivalent Number) method and analyzed to obtain accident-prone areas using the BKA (Upper Control Limit) method. Primary data is obtained from observations and surveys with checklist forms and safety indicators to get efforts and handle accidents. Based on the analysis of accident-prone locations on the KH Noer Ali Road Section in 2015 -2018, the KH Noer Ali Road is an accident-prone road because each segment of the road has an AEK> BKA value. The coordinate point of the location that has the highest accident-prone value is in the 3rd segment with coordinate points 62.492.494 - 62.476.597) with AEK value of 228 which caused 27 accidents, 27 people killed, 8 people were injured, 2 people were seriously injured, 29 people were slightly injured, 39 people lost property and Rp 33,850,000 in material loss. The dominant factors causing the accident are the driver factor of 78%, the type of motorcycle vehicles by 57% and the type of side-by-side accidents by 45% .Keywords: Road, Traffic Accident, Accident Vulnerable, Handling

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FT/SIP 19 031
NIM: 41117320046
Uncontrolled Keywords: Jalan, Kecelakaan Lalu Lintas, Daerah Rawan Kecelakaan, Penanganan.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:02
Last Modified: 24 Jun 2020 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56022

Actions (login required)

View Item View Item