MONIKA, AUDINA (2019) PENGGUNAAN NEW MEDIA INSTANT MESSAGING “LINE” PADA KOMUNITAS ORANGE MEDIA DALAM MENUNJANG KOORDINASI DAN KERJA SAMA PENGELOLA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Cover.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
7. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (BAB II)
8. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (BAB III)
9. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text (BAB IV)
10. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB V)
11. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
Abstract
Pada zaman yang disebut-sebut sebagai era informasi ini, media massa sangat mengambil peran penting. Terutama sebagai alat untuk mentransfer informasi. Informasi sendiri merupakan data yang tersusun yang diperoleh dari sumber informasi. Sumber informasi bisa dari mana saja. Tergantung dari kebutuhan setiap orang. Apa yang ingin diketahui saat itu sehingga dengan dia memperoleh informasi itu sedemikian rupa agar apa tindakan yang diambil berasal dari informasi atau data-data yang dia dapat. Dengan informasi itulah rasa ingin tahu manusia terpenuhi. Salah satu pengguna aktif dari Line adalah Komunitas Orange Media. Di Indonesia, media social turut mengangkat perkembangan komunitas-komunitas media. Banyak komunitas-komunitas lainnya yang menggunakan Line sebagai media untuk berkomunikasi sesama anggotanya agar terjalin komunikasi yang sempurna. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui sejauh mana penggunaan New Media Instant Messaging “LINE” Pada Komunitas Orange Media Dalam Menunjang Koordinasi Kerja Sama Pengelola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dekriptif dengan melakukan wawancara kepada narasumber. Hasil dari penelitian ini membahas mengenai penggunaan Instant Messaging LINE sebagai sarana komunikasi dalam menunjang koordinasi kerja dan sama pengelola, peran para anggota memanfaatkan LINE grup sebagai media komunikasi, proses kerjasama, dan hambatan yang ada saat menggunakan Instant Messaging LINE. Dengan demikian peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai sejauh mana penggunaan New Media Instant Messaging LINE pada komunitas Orange Media dalam menunjang koordinasi dan kerja sama pengelola. Koordinasi yang dilakukan oleh Komunitas Orange Media adalah tipe Koordinasi Vertikal yaitu dimana kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Orange Media diarahkan langsung oleh atasan atau Pimpinan Umum Orange Media dan semua wewenang adalah tanggung jawab dari Pimpinan Umum Orange Media. Serta Kerja Sama yang dilakukan oleh Orange Media adalah tipe Kerja Sama Primer yaitu semua anggota menjadi satu dan Grup tersebut berisi seluruh kegiatan anggota dan saling mengejar menyelesaikan pekerjaan demi kepentingan Komunitas Orange Media. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menjalankan tugas para anggota Orange Media memanfaatkan media baru LINE ini dalam penyampaian pesan cukup memberikan manfaat terlebih dalam proses komunikasi yang memang tidak bisa dikakukan secara langsung atau tatap muka. Para anggota Orange Media memanfaatkan media ini sehingga dapat menjadikan komunikasi lebih mudah dan waktu yang digunakan untuk berkomunikasi juga lebih efektif.
Actions (login required)
View Item |