PENGGUNAAN NEW MEDIA INSTANT MESSAGING “LINE” PADA KOMUNITAS ORANGE MEDIA DALAM MENUNJANG KOORDINASI DAN KERJA SAMA PENGELOLA

MONIKA, AUDINA (2019) PENGGUNAAN NEW MEDIA INSTANT MESSAGING “LINE” PADA KOMUNITAS ORANGE MEDIA DALAM MENUNJANG KOORDINASI DAN KERJA SAMA PENGELOLA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
8. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
9. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
10. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB V)
11. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)

Abstract

Pada zaman yang disebut-sebut sebagai era informasi ini, media massa sangat mengambil peran penting. Terutama sebagai alat untuk mentransfer informasi. Informasi sendiri merupakan data yang tersusun yang diperoleh dari sumber informasi. Sumber informasi bisa dari mana saja. Tergantung dari kebutuhan setiap orang. Apa yang ingin diketahui saat itu sehingga dengan dia memperoleh informasi itu sedemikian rupa agar apa tindakan yang diambil berasal dari informasi atau data-data yang dia dapat. Dengan informasi itulah rasa ingin tahu manusia terpenuhi. Salah satu pengguna aktif dari Line adalah Komunitas Orange Media. Di Indonesia, media social turut mengangkat perkembangan komunitas-komunitas media. Banyak komunitas-komunitas lainnya yang menggunakan Line sebagai media untuk berkomunikasi sesama anggotanya agar terjalin komunikasi yang sempurna. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui sejauh mana penggunaan New Media Instant Messaging “LINE” Pada Komunitas Orange Media Dalam Menunjang Koordinasi Kerja Sama Pengelola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dekriptif dengan melakukan wawancara kepada narasumber. Hasil dari penelitian ini membahas mengenai penggunaan Instant Messaging LINE sebagai sarana komunikasi dalam menunjang koordinasi kerja dan sama pengelola, peran para anggota memanfaatkan LINE grup sebagai media komunikasi, proses kerjasama, dan hambatan yang ada saat menggunakan Instant Messaging LINE. Dengan demikian peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai sejauh mana penggunaan New Media Instant Messaging LINE pada komunitas Orange Media dalam menunjang koordinasi dan kerja sama pengelola. Koordinasi yang dilakukan oleh Komunitas Orange Media adalah tipe Koordinasi Vertikal yaitu dimana kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Orange Media diarahkan langsung oleh atasan atau Pimpinan Umum Orange Media dan semua wewenang adalah tanggung jawab dari Pimpinan Umum Orange Media. Serta Kerja Sama yang dilakukan oleh Orange Media adalah tipe Kerja Sama Primer yaitu semua anggota menjadi satu dan Grup tersebut berisi seluruh kegiatan anggota dan saling mengejar menyelesaikan pekerjaan demi kepentingan Komunitas Orange Media. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menjalankan tugas para anggota Orange Media memanfaatkan media baru LINE ini dalam penyampaian pesan cukup memberikan manfaat terlebih dalam proses komunikasi yang memang tidak bisa dikakukan secara langsung atau tatap muka. Para anggota Orange Media memanfaatkan media ini sehingga dapat menjadikan komunikasi lebih mudah dan waktu yang digunakan untuk berkomunikasi juga lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 120
NIM/NIDN Creators: 44214110095
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN NEW MEDIA INSTANT MESSAGING “LINE” PADA KOMUNITAS ORANGE MEDIA DALAM MENUNJANG KOORDINASI DAN KERJA SAMA PENGELOLA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 702 Miscellany of Fine and Decorative Art/Aneka Ragam tentang Kesenian, Aneka Ragam tentang Karya Seni > 702.8 Techniques, Precedures, Apparatus, Equipment, Materials/Teknik, Prosedur, Perlengkapan, Peralatan, Bahan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 05 Feb 2022 06:41
Last Modified: 24 Feb 2023 07:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55420

Actions (login required)

View Item View Item