PERANCANGAN BUKU EDUKASI INTERAKTIF “YUK KITA JELAJAHI RPTRA”

SURYADARINI, INDAH (2020) PERANCANGAN BUKU EDUKASI INTERAKTIF “YUK KITA JELAJAHI RPTRA”. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul .pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Campaign are really needed in many fields, particularly in giving information that will be delivered to the society. Nowadays, campaign medias in Jakarta are developing. Some campaign medias that used are including brochure, poster, spansur, banner, motion graphic, and video. RPTRA makes a campaign media like a poster or instagram feed, and also video that give RPTRA information to the society. This research will review what RPTRA campaign that has been showed is like, and what visual elements are used in RPTRA campaign poster. Based on the things that have been described above, the writer wants to provide an effective campaign media choice and can be known by all children in Jakarta, namely by creating an interactive media campaign media book by presenting interesting content, so that the public, especially children, can learn more about RPTRA. The book has a very important role to make it easier for children to understand the information contained in the book. The illustrations on the interactive media in the book can develop imagination and attract children to come to RPTRA. The font used was of sans serif type. Based on the explanation above, the writer wants to make an interactive educational book that is as interesting as possible, so that the writer hopes that the children can understand the contents of the book and get to know RPTRA deeper. Interactive education books use 2 types of design namely push and pull, which is where this interactive media can encourage children to interact more. Push and pull interactive books are books that are pulled and pushed on the pages of a book. Keywords : Campaign, RPTRA, Interactive book push and pull Kampanye sangatlah dibutuhkan dalam segala bidang. Terutama dalam memberikan informasi pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Media kampanye yang di DKI Jakarta saat ini sudah sangat berkembang. Beberapa media kampanye yang digunakan seperti, poster, brosur, spanduk, motion graphic, dan video. RPTRA membuat sebuah media kampanye seperti poster atau feed instagram, dan video yang memberikan informasi RPTRA kepada masyarakat. Dalam rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui seperti apa kampanye RPTRA yang sudah pernah di tayangkan dan mengkaji elemen visual yang digunakan pada poster kampanye RPTRA. Berdasarkan hal-hal yang sudah dipaparkan di atas. Maka penulis ingin memberikan pilihan media kampanye yang efektif dan dapat diketahui oleh semua anak-anak yang ada Jakarta, yaitu dengan membuat media kampanye Buku edukasi interaktif dengan menyajikan konten yang menarik sehingga masyarakat khususnya anak-anak dapat mengetahui RPTRA lebih dalam lagi. Buku tersebut mempunyai peran yang sangat penting untuk memudahkan anak-anak memahami infomasi yang ada didalam buku. Ilustrasi pada media interaktif di buku tersebut dapat mengembangakan imajinasi dan menarik anak-anak untuk datang ke RPTRA. Font yang digunakan pun berjenis sans serif. Berdasarkan penjabaran diatas, maka penulis ingin membuat buku edukasi interaktif yang semenarik mungkin, sehingga penulis mengharapkan untuk anak-anak dapat memahami isi dari buku tersebut dan lebih mengenal RPTRA lebih dalam lagi. Buku edukasi interaktif menggunakan 2 jenis perancangan yaitu push dan pull, yang dimana media interaktif ini dapat mengajak anak-anak untuk lebih interaksi. Buku interaktif push and pull merupakan buku yang di tarik dan di dorong pada halaman buku. Keywords : Kampanye, RPTRA, Buku Interaktif push and pull

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SDSK/23/19/031
NIM: 42315010084
Uncontrolled Keywords: Kampanye, RPTRA, Buku Interaktif push and pull
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 002 The Book/Buku
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 002 The Book/Buku > 002.01-002.09 Standard Subdivision of Book/Subdivisi Standar dari Buku > 002.0725 Book Collecting/Koleksi Buku
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.7 Use of Books and Other Information Media As Sources of Information/Penggunaan Buku dan Media Informasi Lain Sebagai Sumber Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.8 Use of Books and Other Information Media As Sources of Recreation and Self-Development/Penggunaan Buku dan Media Informasi Lain Sebagai Sumber Rekreasi dan Pengembangan Diri
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.5 Publishing/Penerbitan > 070.57 Kinds of Publications/Jenis-jenis Publikasi > 070.573 Specific Kinds of Books/Jenis Buku Tertentu
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Apr 2020 08:15
Last Modified: 17 Apr 2020 08:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55226

Actions (login required)

View Item View Item