STRATEGI EVENT MARKETING SEBAGAI BRAND ACTIVATION MINIAPOLIS (Studi Kasus Event Marketing Miniapolis Periode 2018)

NURDIANA, ANDI (2020) STRATEGI EVENT MARKETING SEBAGAI BRAND ACTIVATION MINIAPOLIS (Studi Kasus Event Marketing Miniapolis Periode 2018). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan (Persetujuan Skripsi, Lulus Sidang Skripsi, Perbaikan Skripsi).pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan tempat rekreasi yang menyajikan hiburan untuk keluarga, bukan hanya penting untuk mengedepankan fasilitas, tetapi juga harus mengembangkan aspek pelayanan hingga keamanan yang mengedepankan kenyamanan pelanggan. Di tengah maraknya meningkatkan komunikasi terhadap pelanggan demi membangun keterikatan melalui product experience, dibutuhkan salah satu bentuk aktivasi merek, salah satunya yang banyak dilakukan oleh perusahaan saat ini adalah event marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi dari event marketing sebagai bentuk brand activation yang digunakan sebagai media promosi perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya, Komunikasi Pemasaran, Strategi event marketing dan konsep brand activation.Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam bersama narasumber, perwakilan dari divisi Marketing Miniapolis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis internal Miniapolis berangkat dari kebutuhan untuk meningkatkan brand awareness yang selanjutnya dilakukan beberapa strategi promosi, salah satunya pelaksanaan event. Dari beberapa strategi promosi yang dilakukan, event dianggap paling berpengaruh dan memberi dampak langsung dalam mendatangkan pelanggan baru, meningkatkan jumlah member hingga pendapatan perusahaan. Hal ini, dilakukan berdasarkan evaluasi yang juga dilakukan Miniapolis dengan kuesioner yang dibagikan kepada orang tua yang mengikuti event atau tanggapan langsung dari orang tua yang mayoritas menunjukkan tanggapan positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti bermaksud untuk memberikan saran yang ke depannya dapat digunakan dalam penelitian komunikasi khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan event, yakni dalam melaksanakan event yang sifatnya calendar of event, apabila event menjadi salah satu strategi promosi yang utama, sebaiknya akan lebih baik jika didampingi dengan riset yang mumpuni, atau akan lebih baik apabila perusahaan memiliki tim riset khusus untuk data dan analisisnya dapat menjadi pedoman dalam melakukan inovasi, selain menggunakan kuesioner yang hanya dilakukan setelah event berlangsung. Kata Kunci: Strategi Event Marketing, Event Marketing, Brand Activation

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44317110002
Uncontrolled Keywords: Persaingan tempat rekreasi yang menyajikan hiburan untuk keluarga, bukan hanya penting untuk mengedepankan fasilitas, tetapi juga harus mengembangkan aspek pelayanan hingga keamanan yang mengedepankan kenyamanan pelanggan. Di tengah maraknya meningkatkan komunikasi terhadap pelanggan demi membangun keterikatan melalui product experience, dibutuhkan salah satu bentuk aktivasi merek, salah satunya yang banyak dilakukan oleh perusahaan saat ini adalah event marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi dari event marketing sebagai bentuk brand activation yang digunakan sebagai media promosi perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya, Komunikasi Pemasaran, Strategi event marketing dan konsep brand activation.Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam bersama narasumber, perwakilan dari divisi Marketing Miniapolis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis internal Miniapolis berangkat dari kebutuhan untuk meningkatkan brand awareness yang selanjutnya dilakukan beberapa strategi promosi, salah satunya pelaksanaan event. Dari beberapa strategi promosi yang dilakukan, event dianggap paling berpengaruh dan memberi dampak langsung dalam mendatangkan pelanggan baru, meningkatkan jumlah member hingga pendapatan perusahaan. Hal ini, dilakukan berdasarkan evaluasi yang juga dilakukan Miniapolis dengan kuesioner yang dibagikan kepada orang tua yang mengikuti event atau tanggapan langsung dari orang tua yang mayoritas menunjukkan tanggapan positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti bermaksud untuk memberikan saran yang ke depannya dapat digunakan dalam penelitian komunikasi khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan event, yakni dalam melaksanakan event yang sifatnya calendar of event, apabila event menjadi salah satu strategi promosi yang utama, sebaiknya akan lebih baik jika didampingi dengan riset yang mumpuni, atau akan lebih baik apabila perusahaan memiliki tim riset khusus untuk data dan analisisnya dapat menjadi pedoman dalam melakukan inovasi, selain menggunakan kuesioner yang hanya dilakukan setelah event berlangsung. Kata Kunci: Strategi Event Marketing, Event Marketing, Brand Activation
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 900. Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 904 Adventure, Collected Accounts of Events/Petualangan, Kumpulan Peristiwa Tertentu > 904.7 Events Induced by Human Activity/Acara yang Diselenggarakan Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:09
Last Modified: 04 Mar 2020 08:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55060

Actions (login required)

View Item View Item