STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PT KOMPAS MEDIA NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PAID USERS PORTAL BERITA BERBAYAR KOMPAS.ID PERIODE 2019

KURNIASARI, PUTRIANTI MUNGI (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PT KOMPAS MEDIA NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PAID USERS PORTAL BERITA BERBAYAR KOMPAS.ID PERIODE 2019. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. Lembar Pengesahan, Persetujuan, dan Tanda Lulus Sidang Skripsi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabel.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. Daftar Lampiran.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis media daring di Indonesia menuntut pelaku industri media daring untuk berpikir dan bertindak secara efektif dan efisien dalam mempromosikan produknya. Harian Kompas, dengan media daringnya, Kompas.id, sebagai media skala nasional turut melakukan upaya untuk menarik perhatian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital dalam meningkatkan paid users Kompas.id. Penelitian ini mengacu pada teori tentang mengembangkan komunikasi pemasaran efektif oleh Kotler & Keller (2009) dan komunikasi pemasaran berbasis internet oleh Belch & Belch (2018). Tipe penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam serta teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menyatakan bahwa arah utama strategi komunikasi pemasaran digital Kompas.id periode 2019 adalah objective focused yang mana aspek digitalnya tidak hanya muncul pada bauran komunikasinya saja, tetapi pada keseluruhan proses tahapan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran digital Kompas.id. Adapun tahapan yang dilalui dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran digital tersebut mulai dari mengidentifikasi khalayak sasaran komunikasi pemasaran digital, merancang komunikasi pemasaran digital, memutuskan bauran dan saluran komunikasi pemasaran digital, menetapkan total anggaran komunikasi pemasaran digital, lalu mengukur hasil komunikasi pemasaran digital. Kata kunci: strategi komunikasi pemasaran, digital marcomm, media online, paid users, paywall, digital news subscription

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/43/20/020
NIM: 44317110064
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran, digital marcomm, media online, paid users, paywall, digital news subscription
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:10
Last Modified: 09 Feb 2021 04:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55009

Actions (login required)

View Item View Item