PERANCANGAN PRODUKSI KREATIF KONTEN DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TERHADAP KOMUNITAS RUMAH PENCERAH (KRP)

RINI, DWI SETYO (2020) PERANCANGAN PRODUKSI KREATIF KONTEN DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TERHADAP KOMUNITAS RUMAH PENCERAH (KRP). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Komunitas Rumah Pencerah (KRP) is a non-profit organization with active online activities, consisting of individuals with various backgrounds who are concerned about the need for training parents and improving teacher quality. With its vision of the realization of parents, teachers and the community that plays an active role in improving the quality of childcare and education. Therefore, the writer will help in the creative field as a Creative Director with the team implementing it by increasing awareness by creating creative content on social media. The type of design used as a guideline in creating creative content, is the concept of content with criteria such as fonts, captions, hashtags and colors. The stages of production take place from September 2019 - October 2019. The results of this design include the process or stages of creative content production by making a total of 24 content that is more varied and attracts the audience to read communication messages from the Rumah Pencerah Community. The results of the uploaded content are proven if from these 4 criteria succeed in increasing awareness by gaining engangement in some of the content created. Keywords :, Creative Content, Instagram, Awareness Komunitas Rumah Pencerah (KRP) sebuah organisasi nirlaba dengan yang aktif secara ofline, terdiri dari individu-individu dengan berbeagai latar belakang yang mempunyai kepedulian terhadap kebutuhan akan pelatihan oang tua dan peningkatatan kualitas guru. Dengan visinya yaitu terwujudnya orangtua, guru dan masyarakat yang berperan aktif meningkatkan kualitas pengasuhan dan pendidikan anak. Oleh karena itu penulis akan membantu dibidang kreatif sebagai Creative Director bersama tim mengimplementasikannya dengan meningkatkan awareness dengan membuat konten kreatif pada media sosialnya. Jenis perancangan yang digunakan sebagai pedoman dalam membuat konten kreatif, yaitu konsep konten dengan kriteria seperti font, caption, hashtag dan warna. Tahapan produksi berlangsung dari bulan September 2019 – Oktober 2019. Hasil perancangan ini meliputi proses atau tahapan produksi konten kreatif dengan membuatkan berjumlah 24 konten yang lebih bervariasi dan menjadi daya tarik khalayak untuk membaca pesan komunikasi dari Komunitas Rumah Pencerah. Hasil konten yang sudah terunggah terbukti jika dari 4 kriteria ini berhasil meningkatkan awareness dengan meraih engangement di beberapa konten yang dibuat. Kata Kunci : , Konten Kreatif,, Instagram, Awareness

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/45/20/007
NIM: 44516010014
Uncontrolled Keywords: Konten Kreatif,, Instagram, Awareness
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.17 Print Media/Media Cetak
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:51
Last Modified: 08 Feb 2021 03:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55001

Actions (login required)

View Item View Item