ROYANTO, JORDY (2018) HIPERREALITAS DALAM MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI INSTAGRAM DI JAKARTA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Cover.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabel.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Instagram sebagai media sosial yang cenderung baru namun sangat digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya pelajar. Instagram sendiri sudah menjadi adiktif yang mengganggu kehidupan penggunanya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perilaku dan hiperrealitas siswa dalam menggunakan Instagram di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku dan hiperrealitas mahasiswa pengguna aplikasi Instagram. Berdasarkan rumusan masalah tersebut digunakan teori hiperrealitas yang dikonseptualisasikan oleh Jean Baudrillard. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Dimana paradigma yang digunakan adalah konstruktivis dengan metode studi kasus pada mahasiswa pengguna aplikasi Instagram di Jakarta. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa mahasiswa pengguna Instagram secara emosional terikat dengan realitas yang mereka dapatkan di dunia Instagram. Kabarnya beberapa pengguna mengalami kecemburuan sosial dalam dirinya. Setiap hari mereka melihat konten bernuansa show yang biasa diunggah ke Instagram. Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa media sosial adalah tempat di mana pengguna dapat mengatur konten sedemikian rupa sebelum mengunggahnya. Jadi apa yang dilihat di Instagram belum tentu sesuai dengan kehidupan aslinya bahkan bisa 180 derajat. Pada akhirnya, mereka iri terhadap sesuatu yang palsu dan hal ini mengakibatkan terjadinya kondisi hiperrealitas di mana realitas nyata bercampur dengan realitas palsu. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Hiperrealitas, Mahasiswa
Actions (login required)
View Item |