ANALISIS GETARAN PADA DISC BRAKE AKIBAT PENGARUH GAYA PENGEREMAN

SUYADIYANTO, SUYADIYANTO (2020) ANALISIS GETARAN PADA DISC BRAKE AKIBAT PENGARUH GAYA PENGEREMAN. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)

Abstract

Rem merupakan salah satu sistem yang penting pada kendaraan karena menyangkut keselamatan penumpang. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian yang sangat mendalam mengenai keausan dan tahapan-tahapannya pada sistem pengereman, salah satu metoda yang digunakan untuk mengetahui umur komponen pengereman adalah dengan menggunakan metoda getaran. Pada penelitian ini dilakukan pengujian pada sistem pengereman (disc brake) dengan menggunakan beban sebagai gaya pengereman yang diberikan. Adapun besarnya beban yang diberikan adalah diberikan beban 0 Kg, 1 Kg, 2 Kg, dan 3 Kg. dengan gaya eksitasi yang diberikan berupa sinyal yang berasal dari handphone sebagai input yang diberikan, sedangkan output yang diukur berasal dari rumah kanvas rem terhadap sumbu x, y dan z. rentang frekuensi yang digunakan pada penelitian ini adalah 1 – 1000 Hz. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa pada rumah kampas arah sumbu x terlihat bahwa frekuensi pada beban 0 kg selalu muncul lebih awal, sedangkan untuk beban 1 kg dan 2 kg memiliki frekuensi yang sama dengan amplitude yang lebih tinggi beban 1 kg jika dibandingkan dengan 2 kg, beban 3 kg memiliki frekuensi lebih tinggi dibandingakan dengan beban yang lain. Pada arah sumbu y sangat banyak ditemukan noise, sedangkan pada sumbu z diperoleh noise yang lebih sedikit dibandingkan ketiga sumbu tersebut. Kata kunci : Disc brakes, Vibration, beban pengereman, frekuensi, noise. Brakes are one of the important systems in vehicles because they involve passenger safety. Therefore, there is a need for very in-depth research on wear and stages in the braking system, one of the methods used to determine the age of braking components is the vibration method. In this study, a braking system (disc brake) was carried out using the load as the braking force provided. The amount of load given is given a load of 0 Kg, 1 Kg, 2 Kg, and 3 Kg. with the existence style given in the form of a signal originating from a cellphone as a given input, while the measured output comes from the brake canvas house against the x, y and z axes. the frequency range used in this study is 1 - 1000 Hz. From the test results it was found that in the x-axis canvassing house it was seen that the frequency at 0 kg load always appeared earlier, whereas for 1 kg and 2 kg loads had the same frequency with a higher amplitude load of 1 kg compared to 2 kg, load 3 kg has a higher frequency compared to other loads. In the direction of the y axis there is very much noise found, whereas on the z axis there is less noise than the three axes. Keywords: Disc brakes, Vibration, Frequency, braking force, noise.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 41314120049
Uncontrolled Keywords: Disc brakes, Vibration, Frequency, braking force, noise.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.2 Sound and Related Vibrations/Suara, Bunyi dan Getaran yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.3 Mechanical Vibrations/Getaran Mekanis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:24
Last Modified: 27 Feb 2020 02:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54795

Actions (login required)

View Item View Item