DARLIS, DEVY (2019) REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN GARNIER (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (764kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
3. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6.Daftar Isi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (BAB II)
9. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
Text (BAB III)
10. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (BAB IV)
11. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
12. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanda dan definisi kecantikan yang direpresentasikan pada iklan Garnier versi “Cerah Tanpa Kilap” dan “Mulus Cerah Merona”. Signifikansi penelitian ini terletak pada konsep kecantikan yang ditampilkan oleh Garnier yang merupakan brand produk kecantikan. Konsep cantik yang ditawarkan mengandung makna yang sesuai dengan kecantikan yang dikonstruksi dalam masyarakat. Proses penafsiran atau pemberikan makna pada iklan garnier ini menggunakan semiotika Charles Sander Peirce. Peirce membagi proses penafsiran terhadap tanda menjadi 3 tingkatan, yaitu sign, object, dan Interpretant. Iklan ini terdiri atas 2 elemen, yaitu visual dan audio. Kedua elemen ini berkaitan sehingga tidak mudah dimengerti. Untuk mendapatkan dan memahami isi pesan dibalik iklan ini, diperlukan kajian semiotika sebagai penelitian deskriptif, pendekatan kualitatif untuk mengungkap pesan yang terkandung di dalam iklan garnier ini. Penelitian ini juga menggunakan paradigma konstrutivis, konstrutivis memiliki pandangan tersendiri terhadap media, serta teks yang dihasilkan. Dalam paradigma tersebut media bukan hanya sekedar saluran bebas, namun media juga merupakan subjek yang mengkonstruksi realitas. Setelah melalui analisis semiotika Charles Sander Peirce, maka hasil penelitian ini terungkap bahwa setiap wanita ingin memiliki penampilan wajah yang cantik dan penampilan tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri wanita. Cantik ialah berambut tebal dan lurus, bertubuh langsing, keanggunan dan berparas menawan. Kata kunci: Representasi, kecantikan, iklan, semiotika
Actions (login required)
View Item |