VITALY, M. APANREZA (2020) ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN PADA MAINTENANCE WEEKLY CHECK PESAWAT AIRBUS A320 DENGAN METODE FULL TIME EQUIVALENT. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01] Halaman judul.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04] Abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02] Halaman pernyataan.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03] Lembar pengesahan.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05] Kata Pengantar.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06] Daftar isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07] Daftar tabel.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08] Daftar gambar.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09] Daftar lampiran.pdf Download (85kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
10] Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
11] Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
12] Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
13] Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
14] Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
15] Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16] Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
17] Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
Abstract
vABSTRACTTo get HR that is in accordance with the needs of the company, it is necessary tomeasure workload so that employees can be optimal in carrying out their work.The Airbus A320 is one of the aircraft that was cared for by PT. GMF AeroAsia.The TFC 4 unit isone of the units trusted to carry out maintenance for AirbusA320 aircraft. The working pattern ofTFC 4 units is 2 shifts namely morningshift, night shift then 2 days holiday with 12 hours working time. The 2 shift workpattern is applied to improve performance and increase production capacity inaccordance with the workload which is the customer's demand. Based on this,further research is needed on the calculation of workload in order to find out theactual workload conditions received when carrying out maintenance activities.The method used to calculate workload on TFC 4 units is the Full TimeEquivalent (FTE) method. The purpose of this study was to find out how muchworkload to carry out weekly check maintenance and find out how many optimalemployees in carrying out weekly check maintenance. The results of this study arethe number of workloads received by employees varies. For the engineer, the APengineeris overloaded, the EA engineer has underloaded and for the mechanics tooverload the entire weekly check maintenance activities. For the optimal numberof employees in carrying out weekly check maintenance, there are 2APengineers, 1EAengineer and 2 mechanics.Keywords :Workload, employees, maintenance, full time equivalent. Untuk mendapatkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan makadibutuhkan pengukuran beban kerja sehingga karyawan dapat optimal dalammenjalankan pekerjaannya.Airbus A320 merupakan salah satu pesawat yangdirawat olehPT. GMF AeroAsia. Unit TFC 4 merupakan salah satu unit yangdipercaya untuk melakukan perawatan terhadap pesawat Airbus A320. Pola kerjaunit TFC 4 adalah 2 shift yaitu shift pagi, shift malam kemudian libur 2 hari dengan waktu kerja selama 12 jam. Pola kerja 2 shift tersebut diberlakukan untuk meningkatkan kinerja serta meningkatkan kapasitas produksi sesuai dengan bebankerja yang merupakan tuntutan customer. Berdasarkan hal tersebut, perludiadakan penelitian lebih lanjut terhadap perhitungan beban kerja agar dapatmengetahui keadaan beban kerja yang sebenarnya diterima ketika melakukan aktivitas maintenance. Metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan beban kerja pada unit TFC 4 adalah metode Full Time Equivalent (FTE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa jumlah beban kerja dalam melaksanakanm aintenance weekly checkdan mengetahui berapa jumlah karyawan optimal daam melaksanakan maintenance weekly check.Hasil dari penelitian ini adalah jumlah beban kerja yang diterima oleh karyawan berbeda-beda. Untuk engineer AP mengalami overload,engineer EA mengalami underload dan untuk mekanik mengalami overload pada keseluruhan kegiatan maintenance weekly check. Untuk jumlah karyawan optimal dalam melaksanakan maintenance weekly check adalah 2 orang engineer AP, 1 orang engineer EA dan 2 orang mekanik.Kata kunci : Beban kerja, karyawan,maintenance,full time equivalent.
Actions (login required)
![]() |
View Item |