AULIA, MUHAMMAD PINO (2021) ANALISIS PERMASALAHAN AUXILARY POWER UNIT FAULT PADA PESAWAT TERBANG JENIS BOEING 737-800. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10 . BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
Abstract
Keselamatan penerbangan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan, karena menyangkut keselamatan bagi awak dan penumpang pesawat. Pesawat dituntut harus senantiasa dalam kondisi layak terbang, yang artinya pesawat harus “fit and safe for flight” tidak ada gangguan sedikitpun. Setiap pesawat terbang, termasuk Boeing 737 NG mempunyai tenaga pembantu atau cadangan yaitu Auxiliary Power Unit (APU), untuk menghasilkan electrical power dan pneumatic pada saat di darat (on the ground) dan pada saat terbang (in flight). Jika terjadi kerusakan atau permasalahan pada auxilary power unit , akan muncul indikasi di cockpit yaitu auxilary power unit fault light illuminate, Ketika indikasi kegagalan menyala, menunjukkan adanya kegagalan pada fungsi dan sistemnya . Pesawat dengan registrasi PK-GFC mengalami Auxilary Power Unit Fault dan menyebabkan keterlambatan penerbangan dari Jakarta tujuan ke Padang. Setelah melalui beberapa investigasi dan perbaikan, dapat disimpulkan bahwa yang menjadi root cause permasalahan tersebut adalah High Oil Temperature . Setelah dilakukan troubleshooting ditemukan adanya malfungsi yaitu Short Circuit pada connector D101912 komponen electronic control Unit (ECU) .Hasil continuity check pada pada pin 34 – 36 menunjukkan nilai 310 Ω dengan batas maksimum 200 Ω. Kata kunci : auxilary power unit, continuity check, electronic control unit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41419110150 |
Uncontrolled Keywords: | auxilary power unit, continuity check, electronic control unit. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.3 Electrical Engineering, Lighting, Superconductivity, Magnetic Engineering, Applied Optics, Paraphotic Technology, Electronics Communications Engineering, Computers/Teknik Elektro, Pencahayaan, Superkonduktivitas, Teknik Magnetik, Optik Terapan, Tekn |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 02:36 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54570 |
Actions (login required)
View Item |