STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 10 DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS BALI BARU DI KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA

WIJAYA, KURNIA DEWI PARWATI (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 10 DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS BALI BARU DI KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB II)
8. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
9. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB IV)
10. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
11. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

The development of tourism in the world is growing rapidly, this is also happening in the development of tourism in Indonesia. So far, the country's most foreign exchange income from the tourism sector comes from the island of Bali which is known for having a rich culture and exotic places. Even Bali is a tourist destination that already has prestige on the world tourism map. Though there are still many other tourist objects that are no less beautiful than those in Bali. Therefore, to boost tourism equality, the Government through the Ministry of Tourism agreed on 10 Priority Tourism Destinations to be "New Bali". This research was conducted to find out the marketing communication strategy of the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia in promoting the 10 Priority Tourism Destinations, based on Thomas L. Harris's marketing public relations theory and Burhan Bungin's tourism marketing communication strategy. This study uses descriptive qualitative research with case study research methods, supplemented by in-depth interviews with informants using source triangulation techniques. The results of this study discuss funding the marketing communication strategy of the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia in promoting 10 Priority Tourism Destinations to foreign tourists from pull strategy where this strategy uses the “Explore Futher Wonderful Indonesia” campaign through electronic media, print and social media, for a push strategy in which the Ministry of Tourism publishes brochures, booklets, leaflets, and calendar of events. Integrated marketing communication using Travel Agent as a marketing. From the results of the study, that the implementation of the Assistant Deputy Strategy and Marketing Communication 1 in promoting the 10 Priority Tourism Destinations is good enough, but must be improved. Key Words : Strategy, Marketing Communication, Ministry of Tourism, 10 Priority Tourism Perkembangan pariwisata di dunia semakin pesat, hal ini juga terjadi dalam perkembangan pariwisata di Indonesia. Selama ini pemasukan devisa negara yang paling banyak dari sektor pariwisata berasal dari pulau Bali yang terkenal memiliki kekayaan kebudayaan dan tempat-tempat yang eksotis. Bahkan Bali adalah destinasi wisata yang sudah punya pamor di peta pariwisata dunia. Padahal masih banyak obyek-obyek wisata lainnya yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan yang ada di Bali. Maka dari itu, untuk mendongkrak pemerataan pariwisata, Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menyepakati 10 Destinasi Pariwisata Prioritas untuk dijadikan “Bali Baru”. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia terkait dalam mempromosikan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, berdasarkan teori Marketing Public Relations Thomas L. Harris dan Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Burhan Bungin. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, dilengkapi dengan wawancara mendalam kepada narasumber menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini membahas menganai strategi komunikasi pemasaran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam mempromosikan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas kepada wisatawan mancanegara dari strategi pull dimana strategi ini menggunakan kampanye Explore Futher Wonderful Indonesia melalui media elektronik, cetak, dan media sosial, untuk strategi push dimana strategi ini Kementerian Pariwisata menerbitkan brosur, booklet, leaflet, dan calendar of event. Komunikasi pemasaran terpadu menggunakan Travel Agent sebagai sarana pemasaran. Dari hasil penelitian, bahwa pelaksanaan Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran 1 dalam mempromosikan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas sudah cukup baik, namun harus di tingkatkan. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata, 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/42/19/126
NIM: 44215010010
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata, 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.25 Failures and Disruptions of Communication/Kegagalan dan Gangguan Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:32
Last Modified: 18 Feb 2020 04:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54520

Actions (login required)

View Item View Item