ANALISIS RESEPSI TREN FASHION HIJAB PADA AKUN INSTAGRAM @DWIHANDAANDA

NADILA, AYU (2020) ANALISIS RESEPSI TREN FASHION HIJAB PADA AKUN INSTAGRAM @DWIHANDAANDA. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01] HALAMAN JUDUL.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04] ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02] LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03] LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05] KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06] DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07] DAFTAR TABEL.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08] DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09] BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB II)
10] BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB III)
11] BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (BAB IV)
12] BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB V)
12] BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13] DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14] LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

Hijab dari masa ke masa semakin berkembang, mulai dari penyebutannya yang dahulu biasa orang menyebutnya sebagai jilbab atau kerudung, saat ini lebih tren dengan sebutan “hijab” sampai dengan bentuk dalam cara pemekaiannya. Perkembangan hijab yang ada, tak lepas dari peranan media sosial, salah satunya adalah media sosial Instagram dimana Instagram menjadi salah satu media yang mampu dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah tren fashion hijab yang di lakukan di akun Instagram @dwihandaanda yang banyak diikuti oleh khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi followers remaja dalam memaknai tren fashion hijab masa kini yang dilakukan di akun Instagram @dwihandaanda. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan metode analisis resepsi dengan cara pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam. Dalam penelitian ini menggunakan teori Struat Hall tentang teori ‘Encoding dan Decoding’ sebagai proses khalayak mengkonsumsi dan memproduksi makna. Dimana dalam hal ini remaja (17-25 tahun) terdiri dari 4 orang wanita berhijab yang sudah lama mengikuti akun Instagram @dwihandaanda yang menjadi informan yang akan diteliti Bagaimana persepsi mereka tentang tren fashion hijab pada akun Instagram @dwihandaanda. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa Informan menerima setiap trend yang ada atau yang berkembang ditengah masyarakat. Sehingga secara langsung dapat ditarik kesimpulan dari hasil pemaknaan yang informan munculkan yakni mereka semua menerima bahwa tren fashion hijab yang dilakukan di akun ig @dwihandaanda memang menjadi trend dalam gaya hidup mereka sebagai kebutuhan akan menunjang penampilan. Terutama bagi wanita yang baru berhijab sehingga ia tetap bisa terlihat fashionable walaupun menggunakan hijab. Kata kunci : Analisis resepsi, Media sosial instagram, Selebgram Hijab from time to time is growing, starting from the mention of what people used to call hijab or veil, nowadays it is more trendy as "hijab" up to the shape in the way of pemekaian. The development of the existing hijab is inseparable from the role of social media, one of which is Instagram social media where Instagram is one of the media that can be reached by various groups of people in Indonesia. One of them is the hijab fashion trend that is done on the @dwihandaanda Instagram account which is widely followed by the public. This study aims to see how perceptions of teenage followers in interpreting the current hijab fashion trends done on Instagram accounts @dwihandaanda. This research is descriptive qualitative, using the method of reception analysis by means of data collection conducted through in-depth interviews. In this study using Struat Hall's theory of the theory of 'Encoding and Decoding' as the audience process consumes and produces meaning. Where in this case adolescents (17-25 years) consist of 4 hijab women who have long followed the @dwihandaanda Instagram account who became the informants who will be studied What are their perceptions of the hijab fashion trends on the Instagram account @dwihandaanda. Based on the results of the study it can be seen that the informants accept every trend that exists or that develops in the community. So that conclusions can be drawn directly from the results of the meanings that the informants come up with, namely they all accept that the hijab fashion trends carried out on the account @dwihandaanda have indeed become a trend in their lifestyle as a need to support their appearance. Especially for women who are just wearing hijab so they can still look fashionable even if they use a hijab. Keywords : Reception Analysis, Social media instagram, Selebgram

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44215010068
Uncontrolled Keywords: Reception Analysis, Social media instagram, Selebgram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:44
Last Modified: 12 Feb 2020 03:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54303

Actions (login required)

View Item View Item