PENGELOLAAN KOMUNIKASI PADA KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BUDAYA LOKAL (Studi Kasus Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Tahun 2019)

PEBRIANI, ERI (2020) PENGELOLAAN KOMUNIKASI PADA KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BUDAYA LOKAL (Studi Kasus Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Tahun 2019). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN MAHASISWA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI .pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)

Abstract

This research is based on that in tourism and cultural development requires the support and participation of all stakeholders, one of which is the local community. The Tourism Awareness Group (Pokdarwis) is one component in the community that has an important role and contribution in the development of tourism and culture in the region. The existence of the Pokdarwis needs to be continuously supported and fostered through the management of communication so that it can play a more effective role in contributing to community participation to realize tourism and cultural awareness. The purpose of this research is to explain the communication management process by Department of Tourism and Culture of Bogor to the group of tourism awareness (Pokdarwis) in Increasing Awareness of Local Culture. Management or communication management is discussed by a four-step process of the Cutlip, Center, and Broom management methods. This research uses post positivism paradigm with type of descriptive research. The method used is case study. Data collection techniques in this study were obtained through primary data: in-depth interviews, and secondary data: documentation literature sourced from books, literature, documents, archives, journals, and the internet. Technique examination of validity of data used is triangulation (source & method). The result of this study shows that communication management Disparbud applies a management method consisting of four branched quadrants namely; starting from the situation analysis stage including what is happening now, past, and future. Furthermore, the planning and programming stages include the formulation of strategies, resources, dispositions and forms of communication. The third step is the implementation of the program, and the last step is evaluation carried out through the monitoring and survey process. Key word: Communication Management, Public Relations, The Group of Tourism Awareness (Pokdarwis). Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam pembangunan pariwisata dan budaya memerlukan dukungan dan partisipasi dari semua stakeholders, salah satunya yaitu masyarakat lokal. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan dan budaya di daerahnya. Keberadaan Pokdarwis tersebut perlu terus didukung dan dibina melalui pengelolaan komunikasi sehingga dapat berperan lebih efektif dalam turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan sadar wisata dan budaya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pengelolaan komunikasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam meningkatkan kesadaran budaya lokal. Pengelolaan atau manajemen komunikasi dibahas dengan proses empat langkah metode manajemen Cutlip, Center, dan Broom. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan tipe penelitian deksriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui; data primer: wawancara mendalam, dan data sekunder melalui: studi kepustakaan, dokumentasi yang bersumber pada buku, literatur, dokumen-dokumen, arsip, jurnal, dan internet. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi (sumber & metode). Hasil penelitian ini yaitu bahwa pengelolaan komunikasi Disparbud menerapkan metode manajemen yang terdiri dari 4 kuadran yang bercabang yaitu; berawal dari tahap analisis situasi meliputi apa yang terjadi saat ini, masa lalu, dan yang akan datang. Selanjutnya yaitu tahap perencanaan dan pemrograman meliputi penyusunan strategi, sumber daya, disposisi dan bentuk komunikasi. Langkah ketiga berupa implementasi program, dan selanjutnya berakhir di tahap evaluasi yang dilaksanakan melalui proses monitoring, dan survey. Kata kunci: Pengelolaan Komunikasi, Public Relations, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/42/19/073
NIM: 44216120029
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Komunikasi, Public Relations, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:35
Last Modified: 14 Feb 2020 01:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54241

Actions (login required)

View Item View Item